Sukses

Parenting

Mengenal Jam Tidur Bayi yang Normal, Seberapa Lama?

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Bagi bayi, tidur bahkan sangat penting demi menunjang tumbuh kembang tubuhnya. Melansir dari laman babycenter.com, aktivitas tidur pada bayi bisa menunjang perkembangan hormon tumbuh kembang di tubuhnya.

Tidur pada bayi juga bisa membantunya terlindung dari bahaya kerusakan jantung serta pembuluh darah. Tidur yang cukup juga akan membantunya melawan penyakit juga infeksi. Menurut usianya, bayi memiliki lama jam tidur yang berbeda-beda. Jika orang dewasa umumnya membutuhkan jam tidur selama 6 sampai 8 jam perhari, bayi baru lahir bisa membutuhkan jam tidur hingga 14 sampai 16 jam perhari.

Untuk mengetahui lebih jelas lama jam tidur bayi, simak yang berikut ini.

Baru Lahir

Bayi baru lahir membutuhkan jam tidur selama 16, 5 jam setiap harinya. Waktu belasan ini biasanya 8 jam di siang hari dan sekitar 8,5 jam di malam hari. Bayi baru lahir juga membutuhkan asupan ASI lebih sering yakni sebanyak 8 sampai 12 kali.

1 sampai 2 Bulan

Bayi yang berusia 1 sampai 3 bulan umumnya akan membutuhkan waktu tidur selama 14 sampai 16 jam. Bayi akan tidur siang selama 6 sampai 7 jam dan tidur di malam hari selama 8 sampai 9 jam.

3 sampai 5 Bulan

Untuk bayi yang berusia 3 bulan hingga 5 bulan, mereka akan membutuhkan waktu tidur selama 14 sampai 16 jam. Bedanya dengan bayi berusia 1 sampai 2 bulan, bayi yang berusia 3 sampai 5 bulan ini akan tidur malam selama 10 sampai 11 jam dan tidur siang hanya sebanyak 4 sampai 5 jam.

6 sampai 8 Bulan

Bayi yang sudah berusia 6 sampai 8 bulan membutuhkan waktu tidur selama 14 jam setiap harinya. Bayi ini akan tidur selama 11 jam saat malam dan 3 jam saat siang.

9 sampai 12 Bulan

Bayi yang sudah mencapai usia 9 bulan ke atas, biasanya mereka akan tidur sebanyak 13,5 jam setiap harinya. Waktu tidur bayi ini adalah 11 jam di malam hari dan hanya sebanyak 2,5 jam saat siang. Tapi, waktu tidur ini bisa kebalik ketika bayi mengalami tumbuh gigi yang membuatnya tidak bisa tidur nyenyak di malam hari.

Meski umumnya jam tidur bayi adalah di atas, melansir dari laman alodokter.com, setiap bayi memiliki jam tidur sendiri-sendiri. Setiap bayi kebutuhan tidurnya juga berbeda-beda. Ada yang lebih banyak dan ada pula yang lebih sedikit. Jika buah hati di rumah mengalami masalah, jangan pernah segan untuk mengonsultasikan kondisi kesehatannya di dokter anak atau bidan terdekat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading