Sukses

Parenting

Sahabat Fimela, Ini 4 Penyebab Anak Mendengkur Saat Tidur

Fimela.com, Jakarta Mendapati orang dewasa tidur mendengkur mungkin sudah umum atau biasa. Namun, bagaimana dengan anak-anak, apakah anak-anak juga bisa mendengkur saat tidur?

Melansir dari laman boldsky.com, anak juga bisa mendengkur saat tidur. Meski mendengkur saat tidur bukan suatu hal yang berbahaya, orang tua tetap perlu waspada ketika mendapati buah hati tidur dengan mendengkur. Mendengkur bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan masalah pernafasan juga masalah tidur. Dan inilah sedikitnya 4 penyebab anak mendengkur saat tidur.

1. Hidung Bengkak

Penyebab pertama kenapa anak mengdengkur saat tidur adalah hidungnya bengkak. Pembengkakan pada hidung bisa mengganggu sistem pernafasan. Pembengkakan hidung sendiri bisa terjadi karena alergi dan masalah kesehatan lainnya.

2. Gangguan Pernafasan

Anak yang menderita gangguan pernafasan juga akan mengdengkur saat tidur. Anak-anak dengan risiko asma sebagian besar akan tidur dengan mendengkur. Anak yang mengalami alergi, infeksi pada tenggorokan dan telinga tidak jarang juga akan tidur dengan mendengkur.

3. Obesitas

Baik anak-anak atau pun orang dewasa, saat mengalami obesitas ini akan menyebabkan ia tidur mendengkur. Adanya peningkatan lemak di sekitar leher berpengaruh besar terhadap risiko mendengkur. Obesitas sendiri adalah masalah kesehatan yang sangat berbahaya buat anak.

4. Risiko Amandel

Satu lagi penyebab anak mendengkur saat tidur adalah ia menderita risiko amandel. Para ahli percaya jika semakin besar ukuran amandel seseorang, suara dengkurannya bisa semakin besar. Amandel tak hanya menyebabkan mendengkur tetapi juga membuat anak kesulitan bernafas.

Itulah penyebab anak mendengkur saat tidur. Ketika mendapati buah hati mendengkur, usahakan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Cari tahu masalah kesehatan apa yang menyerang buah hati.

 

;
Loading