Sukses

Parenting

Mengenal Perbedaan Biang Keringat dan Alergi pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Ketika mendapati tubuh buah hati bintik-bintik merah karena biang keringat maupun alergi, tentunya setiap orang tua akan merasa cemas dan khawatir. Karena biang keringat maupun alergi, tubuh bayi tidak hanya terdapat bintik merah melainkan juga terasa gatal dan membuatnya rewel.

Mengenai biang keringat dan alergi, dua hal ini bisa dibilang sangat mirip antara satu dan lainnya. Kemiripan itulah yang kemudian membuat orang tua tidak bisa membedakan mana yang biang keringat dan mana yang alergi. Walau keduanya sangat mirip, biang keringat dan alergi adalah hal yang sebenarnya bisa dibedakan. Melansir dari laman hellosehat.com, inilah perbedaan biang keringat dan alergi.

Biang Keringat

Biang keringat umumnya disebabkan oleh keringat, bakteri dan sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit bayi hingga menyebabkan bintik-bintik merah. Biang keringat memiliki ciri terdapat bintik kemerahan di kulit, muncul rasa gatal-gatal dan terkadang muncul pada kulit yang kering.

Biang keringat biasanya terjadi di area leher, ketiak, punggung, dahi dan bagian tubuh bayi yang sering mengeluarkan keringat. Kondisi ini banyak terjadi saat musim panas.

Alergi

Alergi adalah masalah kulit yang muncul karena adanya respon dari berbagai alergen bisa berupa makanan, debu, produk perawatan bayi (sabun, lotion dan krim) dan benda-benda di sekitar bayi. Ciri dari alergi sendiri adalah kulit bayi kemerahan disertai rasa gatal, bayi kesulitan bernafas, adanya masalah gangguan pencernaan seperti diare, terjadi pembengkakan di bagian tubuh tertentu dan risiko pilek serta bersin lebih sering.

Alergi bisa muncul setelah bayi mengonsumsi makanan tertentu, minum minuman tertentu, bayi terkena debu, bulu ulat atau hewan lainnya serta masih banyak lagi. Jika biang keringat dipengaruhi oleh cuaca terutama cuaca musim panas, alergi tidak dipengaruhi oleh cuaca. Alergi bisa muncul kapan saja. Kecuali jika alergi itu memang alergi terhadap cuaca seperti halnya cuaca dingin.

Untuk biang keringat, masalah kulit ini bisa sembuh dengan sendirinya selama tubuh bayi sejuk dan nyaman. Sedangkan untuk alergi, ini bisa sembuh dengan diberi obat berupa salep. Tapi, jika alergi menyebabkan gejala lain yang lebih serius, segera bawa buah hati ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Blokade Jalan yang Membuat Jokowi Geram
Artikel Selanjutnya
Firli Bahuri: Tidak Ada Pembahasan Kenaikan Gaji Pimpinan KPK