Sukses

Parenting

Macam-macam Termometer yang Paling Umum Digunakan Untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Ketika tubuh hati demam, orang tua mana yang tak akan cemas. Bisa dipastikan bahwa semua orang tua akan merasa cemas dan khawatir. Untuk mengukur suhu tubuh buah hati yang demam, kita pasti sering menggunakan termometer.

Melansir dari laman parenting.com, termometer merupakan alat pengukur suhu atau temperatur suhu. Istilah termometer sendiri berasal dari bahasa Latin yakni thermo yang artinya panas sedangkan meter artinya mengukur. Di pasaran, termometer ada bermacam-macam. Salah satu yang paling populer adalah termometer air raksa.

Untuk mengetahui macam-macam termometer yang sering digunakan di sekitar kita terutama digunakan untuk mengukur suhu tubuh anak, inilah macam-macam termometer tersebut.

Termometer air raksa

Termometer ini adalah termometer yang paling umum dan banyak digunakan. Butiran air raksa akan bergerak naik ke ruang kosong dalam tabung dan berhenti di angka yang menunjukkan suhu tubuh. Meski selama ini termometer sangat umum digunakan, seiring dengan perkembangan zaman, termometer ini mulai ditinggalkan mengingat tabung air raksanya rentan pecah.

Termometer Digital

Termometer digital bisa dibilang sebagai termometer masa kini. Termometer ini akan menunjukkan suhu tubuh kita maupun buah hati dalam bentuk angka digital. Cara pakainya cukup dilipkan di lidah, ketiak hingga anus kemudian tunggu selama 2 sampai 4 menit sampai termometer berbunyi dan angka berhenti pada suhu tubuh kita.

Termometer Empeng Digital

Ini adalah termometer memang khusus untuk anak-anak yang masih kecil terutama bayi. Sesuai namanya, termometer ini digunakan agar menyerupai empeng atau dot. Cukup masukkan termometer ini ke mulut bayi, tunggu beberapa saat dan akan muncul angka yang menunjukkan suhu tubuh si kecil.

Termometer Inframerah

Dibanding termometer lainnya, termometer ini cukup berbeda. Untuk memakainya, termometer ini cukup didekatkan pada lubang telingan, ditempelkan di dahi dan bagian tubuh lain kemudian nyalakan. Tunggu beberapa saat hingga muncul angka yang menunjukkan suhu tubuh.

Itulah beberapa macam termometer yang paling umum digunakan unuk anak. Tak hanya untuk anak, termometer ini juga digunakan untuk orang dewasa yang mengalami demam atau badannya panas. Dari sekian banyak termometer yang ada, mana nih yang kerap Sahabat Fimela gunakan?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading