Sukses

Parenting

4 Cara Agar Anak Berhenti dari Kebiasaan Mengompol

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan mengompol merupakan salah satu masalah besar pada anak. Bagi beberapa anak, kebiasaan mengompol mungkin akan tehenti saat ia mencapai usia tertentu. Tapi, bagi beberapa anak lainnya, kebiasaan mengompol bisa terus terjadi hingga usianya cukup dewasa dan ia tumbuh besar.

Malu, cemas, jengkel tentunya tidak hanya dirasa oleh anak yang kerap mengompol tetapi juga oleh orang tuanya. Apalagi, jika kebiasaan mengompol itu semakin meningkat di musim hujan yang memiliki cuaca dingin seperti sekarang ini.

Melansir dari laman parenting.com, normal bagi anak kecil yang masih sering ngompol atau buang air kecil di celana. Tapi, ketika anak tersebut sudah semakin dewasa dan tumbuh besar, terbiasa mengompol akan mengganggu dirinya maupun orang-orang di sekitarnya. Semakin tumbuh besar anak, penting bagi orang tua untuk mengajak anak berhenti ngompol.

Agar anak berhenti dari kebiasaan mengompol, beberapa cara ini bisa dilakukan.

1. Atur Asupan Minum Buah Hati

Agar anak tidak mengompol di malam hari, usahakan untuk memberi anak asupan minuman lebih banyak di siang hari. Saat malam hari, sebaiknya asupan minum anak dibatasi. Minta anak untuk menghindari minuman yang meningkatkan keinginannya buang air kecil seperti halnya minuman bersoda, mengandung cokelat, kafein dan pemanis buatan.

2. Hindari Membangunkan Buah Hati Buat Buang Air Kecil

Para ahli menyarankan agar kita tidak membangunkan buah hati untuk buang air kecil saat malam. Membangunkan buah hati saat tidur ini bisa meningkatkan keinginannya buang air kecil. Tak hanya itu saja, memaksa anak untuk bangun dan buang air kecil hanya akan membuat buah hati merasa kesal, marah dan tidak bisa tidur lagi.

3. Biasakan Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Sebelum tidur, ajarkan kebiasaan gosok gigi, buang air kecil, cuci tangan dan cuci kaki pada buah hati. Kebiasaan baik ini akan membantu buah hati lebih bijak mengatur keinginan buang air kecilnya. Kebiasaan buang air kecil sebelum tidur juga bisa membantu buah hati mengompol saat malam.

4. Beri Pujian untuk Buah Hati

Beri pujian buah hatimu yang tidak mengompol saat malam. Kalau pun buah hati masih mengompol, jangan memarahinya. Nasehati baik-baik bahwa mengompol itu tidak baik. Beri nasehat jika merasa hendak buang air kecil saat malam, minta buah hati pergi ke kamar mandi. Nasehati juga buah hati agar tidak terbiasa menahan keinginan buang air kecil. Menahan buang air kecil bisa berbahaya buat kesehatan anak dan meningkatkan risiko mengompol.

Itulah sedikitnya 4 cara agar anak berhenti dari kebiasaan mengompol. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading