Sukses

Parenting

Pentingnya Mengajak Anak Hobi Membaca Sejak Usia Dini

Fimela.com, Jakarta Membaca adalah aktivitas yang sangat penting. Saking pentingnya, melansir dari laman parenting.com, orangtua harus mengajak anaknya mengenal aktivitas membaca sejak si anak masih sedini mungkin atau sejak bayi.

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of London pada sedikitnya 6.000 anak di tahun 2013, menemukan jika anak-anak yang gemar membaca atau diajarkan membaca sejak usianya sedini mungkin memiliki kemampuan kognitif yang lebih mengesankan. Anak-anak yang dikenalkan pada buku sejak bayi juga dikatakan lebih baik dalam menguasai pelajaran di sekolah mulai dari pelajaran matematika, bahasa inggris, sains dan sastra jika dibandingkan dengan anak yang jarang membaca.

Anak-anak yang dikenalkan buku dan diajak membaca sejak bayi juga memiliki imajinasi dan kecerdasan yang mengagumkan. Anak-anak ini bahkan memiliki kemampuan mengingat lebih baik, anak tidak mudah stres dan anak lebih mahir dalam menguasai bahasa baru.

Penelitian menunjukkan bahwa anak akan lebih tenang dan nyaman saat ia mendengar suara ibu, ayah atau orang-orang yang melindunginya. Saat orangtua terutama sang ibu mengajak anak membaca, ini akan membuat anak semakin tenang dan nyaman. Anak-anak yang terbiasa membaca sejak bayi, mereka juga dikatakan akan memiliki masa depan yang lebih mengesankan.

Para ahli mengungkapkan jika anak-anak yang diperkenalkan pada buku sejak kecil atau bayi, mereka akan memiliki wawasan yang lebih luas di masa depannya. Terbiasa membaca sejak kecil juga membuat anak menyukai atau hobi membaca ketika usianya semakin dewasa. Hobi membaca inilah yang nantinya membawa anak-anak memiliki masa depan yang lebih mengesankan dan berwawasan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading