Sukses

Parenting

Penting! Ini Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Fimela.com, Jakarta Gigi merupakan anggota tubuh yang sangat penting buat dijaga kebersihan dan kesehatannya. Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sendiri perlu ditanamkan ke anak sejak usianya sedini mungkin.

Anak-anak adalah sosok yang sangat suka dengan makanan manis seperti permen, cokelat, jeli, gulali, es krim dan sejenisnya. Karena kesukaan inilah gigi anak sangat rentan terhadap berbagai masalah gigi dan mulut. Salah satunya adalah masalah gigi berlubang. Lantas, bagaimana agar gigi anak bisa dicegah dari masalah gigi berlubang?

Melansir dari laman parents.com, salah satu cara untuk mencegah gigi berlubang pada anak adalah membiasakan anak buat rutin sikat gigi. Menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride sangat penting dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Ini juga memungkinkan anak mendapatkan gigi yang lebih kuat, putih bersih dan sehat.

Idealnya, sikat gigi dilakukan sebanyak 2 kali yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. Biasakan anak untuk menyikat giginya setelah makan dan sebelum tidur. Untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, menyikat gigi tak harus menggunakan pasta gigi anak. Menyikat gigi dengan air saja sudah cukup.

Sedangkan untuk anak yang telah berusia 2 tahun ke atas, mulai kenalkan anak pada pasta gigi yang memang khusus buat anak-anak. Saat memakai pasta gigi, beri arahan bahwa pasta gigi yang digunakan tak perlu banyak-banyak. Untuk anak, pasta gigi yang bisa digunakan adalah sebesar biji kacang atau seujung sikat gigi.

Jika anak belum mahir menyikat giginya sendiri, bantu anak untuk menyikatnya. Selama orangtua telaten dan memberi arahan yang tepat, perlahan tapi pasti anak akan terbiasa dengan rutinitas sikat gigi. Selain sikat gigi rutin, untuk mencegah gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan memperhatikan makanan anak. Biasakan juga anak untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin minimal 1 tahun sekali.

Well Sahabat Fimela, itulah cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak terbebas dari risiko gigi berlubang. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

What's On Fimela
Loading