Sukses

Parenting

Begini Posisi Janin di Minggu Terakhir Menjelang Persalinan

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu pasti sudah tak sabar menantikan kelahiran sang buah hati yang sudah dinantikan sejak lama. Persalinan yang mendebarkan pun akan dijalani. Tak cuma ibu saja, bayi sendiri ternyata juga mempersiapkan diri untuk segera dilahirkan ke dunia.

Bayi yang memasuki minggu 'due date', berada pada posisi terbalik. Kepalanya berada di dekat serviks (mulut rahim). Atau bayi mungkin juga berada pada posisi pantat berada di dekat serviks. Keduanya bertujuan agar si kecil mudah keluar ketika proses persalinan.

Saat akan dilahirkan, janin juga mempersiapkan diri lho. Janin yang berada di dalam kandungan hingga minggu ke 40 memiliki rambut yang tumbuh dengan baik pada kulit kepalanya. Alis, dan bulu mata juga menghiasi wajah bayi. Bulu halus alias lanugo yang tumbuh sejak trimester kedua pun akan ditanggalkan bersama dengan lapisan verniksnya. Lanugo pun digantikan oleh rambut.

Pada usia 37 minggu bayi akan mengubah posisi dalam menyesuaikan persalinan yang akan dihadapi, gerakan janin menjelang persalinan di usia minggu ini ditandai dengan bayi turun ke panggul, normalnya kepala akan menghadap pada jalan lahir menjelang persalinan. Salah satu tanda yang sering dirasakan oleh ibu ada selangkangan yang terasa nyeri. Ini karena posisi kepala janin sudah turun ke jalan lahir.

PLAYLIST VIDEO 30 JULI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Persiapan Melahirkan di Tengah Pandemi yang Perlu Diperhatikan demi Keamanan Persalinan
Artikel Selanjutnya
Di Usia Ini Ibu Hamil Pertama Kali Bisa Merasakan Tendangan Bayi