Sukses

Parenting

4 Tips Mengarahkan Anak agar Tidak Jahat pada Temannya

Fimela.com, Jakarta Orangtua pasti ingin anaknya bisa berperilaku baik. Kita ingin buah hati tercinta kita memperlakukan teman-temannya dengan baik. Tidak nakal dan tidak saling melukai. Mengarahkan anak agar tidak jahat pada temannya pun bisa jadi tantangan tersendiri.

Ada empat tips sederhana yang bisa kita coba untuk mencegah anak supaya tidak jahat pada temannya. Dikutip dari bestofparenting.com, ada empat cara yang bisa kita lakukan agar anak bisa memperlakukan temannya dengan baik. Berikut keterangannya.

1. Ajarkan Soal Empati

Kita perlu mengajari anak soal empati. Seperti memberitahunya efek atau dampak yang akan terjadi bila dia berbuat nakal pada temannya. Misalnya, beri pemahaman seperti bila anak memukul temannya maka temannya akan terluka dan kesakitan. Beri pemahaman soal sebab akibat ini supaya anak bisa belajar soal empati.

2. Hindari Menunjukkan Perilaku Nakal di Depan Anak

Kalau kita tak ingin anak memukul temannya, maka kita juga juga memperlihatkan tindakan memukul padanya. Anak akan sangat mudah meniru perilaku kita. Bila kita jahat pada orang lain dan hal itu dilihat oleh anak, maka anak bisa dengan mudah menirunya.

3. Beri Kesempatan untuk Bersosialisasi Seluas-luasnya

Beri kesempatan pada anak untuk bisa bersosialisasi seluasnya. Bantu anak untuk bisa mengenal teman dan orang-orang dari berbagai karakter. Saat anak sudah memiliki kemampuan sosial yang baik, dia akan lebih mudah membedakan mana perilaku yang baik dan buruk dalam pertemanan.

4. Beri Contoh Langsung Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Saat berinteraksi dan bersosialisi dengan orang lain, tunjukkan juga perilaku yang baik. Cara kita bersosialisasi dengan orang lain akan sangat mudah dijadikan contoh oleh anak. Bila ada kasus kejadian bullying, kita juga perlu memberitahunya kalau tindakan itu buruk.

Memang kita tak bisa setiap saat mendampingi dan mengawasi anak. Tapi kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk memberi bekal anak agar bisa berperilaku baik pada teman dan orang-orang di sekitarnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading