Sukses

Parenting

5 Langkah Mempersiapkan Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah dan ingin segera hamil, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan diri. Mempersiapkan kehamilan ternyata perlu memperhatikan sejumlah hal penting. Tujuannya tak lain adalah agar kehamilan bisa dijalani dengan lancar.

Kondisi fisik dan mental perlu sama-sama diperhatikan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Untuk selengkapnya, berikut info dan keterangan yang perlu kita ketahui dalam mempersiapkan kehamilan.

1. Cari Tahu Tingkat Risiko Kehamilan

Dilansir dari mindbodygreen.com, penting untuk mengetahui apakah kita berisiko tinggi atau rendah untuk hamil. Apakah kondisi tubuh kita bisa dinyatakan cukup sehat dan baik untuk hamil, atau malah kita berisiko akan mengalami komplikasi. Dengan mengetahui tingkat risiko ini, kita akan lebih mudah mempersiapkan kehamilan.

2. Cari Tahu Kualifikasi Care Provider

Kita juga perlu tahu kualifikasi cara provider atau penyelenggara pelayanan kesehatan yang akan kita gunakan. Apakah akan menggunakan jasa bidan? Atau dokter kandungan? Apakah akan ke klinik atua rumah sakit? Cari tahu info kontak semua itu untuk jaga-jaga bila ada kondisi darurat yang harus segera ditangani.

3. Dapatkan Dukungan yang Cukup

Tentu saja persiapan kehamilan ini perlu dibicarakan dengan suami. Selain itu, kita juga perlu mendapat dukungan dari orang-orang terdekat kita. Mungkin dari orangtua atau mertua. Dalam menjaga pola makan sehat untuk bisa cepat hamil misalnya, kita juga perlu dukungan agar bisa menjaga pola makan dengan baik dan pola hidup yang sehat.

4. Bersikap Realistis

Sebagai contoh, kita ingin sekali bisa melahirkan secara normal. Tapi kalau ternyata diharuskan operasi caesar karena kondisi tertentu, maka kita pun perlu menerimanya. Mengusahakan yang terbaik memang penting, tapi jangan sampai kita terlalu memaksakan kehendak yang nantinya malah akan membahayakan jiwa.

5. Menjaga Pikiran Tetap Positif

Jangan sampai kita malah stres karena terlalu tertekan dan terbebani untuk bisa cepat-cepat punya anak. Jaga pikiran untuk bisa tetap positif. Bila ada cerita-cerita yang "menakutkan" soal komplikasi kehamilan dan persalinan, anggap saja itu pengetahuan yang perlu kita tahu supaya bisa lebih berhati-hati.

Mempersiapkan kehamilan memang butuh kesiapan fisik dan mental. Semoga dengan persiapan yang baik, kita bisa menjalani kehamilan hingga persalinan dengan baik dan lancar.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading