Sukses

Parenting

Jangan Langsung Dihukum, 5 Perilaku Ini Normal Dilakukan Anak Berusia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat bayi sudah berusia satu tahun, dia akan lebih energik. Pada usia ini, ada yang sudah mulai berjalan dan mengucapkan satu dua kata. Selain itu, anak pun selalu ingin mengeksplorasi segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

Saat bayi berusia satu tahun, perilakunya mungkin akan tampak lebih nakal. Makin susah diatur dan bikin kita sebagai orangtuanya jadi gampang marah. Namun, ada perilaku tertentu yang sebenarnya sangat normal bagi bayi yang berusia satu tahun. Meski perilakunya tampak nakal, kita jangan sampai buru-buru menghukumnya begitu saja.

1. Tantrum

Seperti yang dikutip dari youngparents.com.sg, pada usia satu tahun anak bisa tantrum atau rewel dan menangis keras saat kemauannya tidak dituruti. Ini tidak selalu berarti dia anak yang nakal. Hanya saja dia masih kesulitan untuk mengontrol emosinya. Jadi ketika ia merasa frustrasi atau kesal, maka dia langsung mengekspresikannya dengan tantrum atau menangis.

2. Mengabaikan Kata-Kata Kita

Memang kita bisa sangat kesal bila anak tak mau melakukan apa yang sudah kita perintahkan padanya. Tapi bukan berarti dia sengaja mengabaikan kata kita. Bisa jadi ia memang tak mendengarkan ucapan kita karena sedang dia larut atau fokus melakukan hal lain.

3. Memasukkan Berbagai Benda ke Mulutnya

Pada usia satu tahun, anak sangat suka mengeksplorasi segala sesuatu. Dia pun akan sering memasukkan berbagai benda ke mulutnya. Di sini kita harus selalu memperhatikannya. Jangan sampai dia memasukkan benda berbahaya ke mulutnya. Kita juga perlu memberitahu bahwa ada benda-benda tertentu yang tak baik dimasukkan ke mulut.

4. Sangat Pemilih Soal Makanan

Nafsu makannya bisa berubah seiring dengan pertambahan usianya. Dan ini sudah jadi bagian yang normal dalam tumbuh kembangnya. Adakalanya si kecil menyukai suatu makanan tapi di kemudian hari makanan itu dibencinya. Kita perlu lebih jeli dan sabar lagi menghadapi kebiasaannya ini. Selalu utamakan juga pentingnya memberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi untuknya.

5. Membuang-buang Makanan

Selain jadi pemilih soal makanan, anak bisa jadi membuang-buang makanan. Di sini anak bukannya sengaja bersikap nakal. Tapi kadangkala hal ini ia lakukan karena merasa kegiatan membuang-buang makanan ini menyenangkan. Dia suka mengeksplorasi makanan dan bersenang-senang dengannya. Meski begitu, kita tetap perlu mengarahkan anak untuk makan dengan baik.

Di usia satu tahun, anak pun biasanya akan makin susah disuruh tidur, suka menyentuh berbagai benda yang ada di sekitarnya, dan tidak bisa disuruh duduk diam. Jangan langsung marah atau membentak anak bila ia melakukan sesuatu yang kita anggap nakal. Karena bisa jadi apa yang dilakukannya itu justru sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.

 

Loading

Live Streaming

Powered by