Sukses

Parenting

4 Tips Membuat Kakak Adik Sama-Sama Merasa Disayangi

Fimela.com, Jakarta Setelah anak kedua lahir, kadang kita bisa kesulitan untuk memberikan cinta yang sama rata dengan si kakak. Tidak mudah untuk memberikan perhatian yang sama rata. Bahkan kadang kita juga kesulitan untuk bisa memberi waktu yang sama baik kepada si sulung maupun si bungsu.

Agar masing-masing anak bisa sama-sama merasa disayangi, hal paling utama yang perlu kita lakukan adalah jangan membanding-bandingkan mereka. Dilansir dari young parents.com.sg, sebagian besar anak-anak tidak suka bakat dan kemampuannya dibandingkan dengan saudaranya. Selain itu ada beberapa hal lain yang bisa kita coba agar si sulung dan si bungsu bisa sama-sama merasa disayangi dan tidak saling cemburu satu sama lain.

1. Luangkan Waktu Berdua

Adakalanya kita perlu meluangkan waktu khusus berdua saja dengan si sulung. Ada saatnya juga kita perlu menghabiskan waktu berdua dengan si bungsu saja. Tapi tetap perlu perhatikan porsi waktu yang kita berikan untuk waktu berdua ini, ya. Sebaiknya memang porsi waktu yang kita berikan untuk masing-masing anak bisa sama. Kalau bisa dilakukan dengan baik, cara ini bisa membantu mengurangi risiko anak berperilaku sengaja mencari perhatian.

2. Bangun Kemandirian Anak

Si bungsu mungkin sering meminta bantuan pada si sulung untuk melakukan sesuatu. Si sulung mungkin juga mengandalkan si bungsu untuk memperoleh sesuatu. Di sini, kita perlu membantu anak untuk bisa mandiri. Setidaknya bisa melakukan berbagai hal secara mandiri tanpa harus bergantung pada orang lain.

3. Perlakukan "Sama"

Bila kita selalu merayakan ulang tahun si sulung, maka kita juga perlu merayakan ulang tahun si bungsu. Saat membelikan sesuatu, belikan juga untuk si sulung dan si bungsu. Meski mungkin hal ini juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan, tapi sebisa dan semaksimal mungkin kita perlu memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Agar tidak muncul sikap cemburu atau salah satu merasa tidak dipedulikan.

4. Bantu Kembangkan Bakat Masing-Masing Anak

Setiap anak punya bakat dan minat yang berbeda. Kita bisa membantu masing-masing anak untuk mengembangkan bakatnya. Percayalah pada setiap anak punya keunikan dan keistimewaan sendiri. Tak perlu harus membandingkan siapa yang lebih jago atau lebih unggul, kita bisa mendorong dan mendukung si sulung serta si bungsu berhasil dengan pilihannya sendiri.

Untuk membuat si sulung dan si bungsu bisa sama-sama merasa disayangi memang perlu usaha yang cukup keras. Kecemburuan antar saudara kadang tak terelakkan. Kita hanya perlu melakukan usaha terbaik kita untuk memberikan cinta yang sama tanpa membedakan atau memanjakan salah satu di antaranya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading