Sukses

Parenting

Usia 11 Bulan, Ini Sekian Hal yang Sudah Bisa Dilakukan Bayi

Fimela.com, Jakarta Bayi akan mengalami perkembangan yang pesat setiap bertambahnya bulan. Usia 11 bulan bukanlah usia yang kecil untuk melihat banyak perkembangan yang dialami bayi. Namun apa saja yang membedakannya dari bulan-bulan sebelumnya?

Di usia 11 bulan ini, bayi akan mulai belajar berdiri dan bahkan berjalan. Untuk beberapa bayi, ada yang lebih cepat atau justru lambat. Namun selama anak tidak menunjukkan tanda-tanda adanya masalah kesehatan, anak masih suka merangkak dan pergerakannya bagus, tidak perlu terlalu khawatir.

Seperti dilansir dari Kids Health.org, di usia ini bayi sudah mulai mengenal dan bisa mengucapkan satu dua suku kata seperti "ba", "pa', "da", dan lainnya. Anak sudah paham jika diajak bicara meskipun belum bisa bicara. Namun lanjutkan mengajarkan anak satu dua kata agar terbiasa dan familiar dengan banyak kata.

Secara berkala, bayi akan bisa mengaitkan suku-suku kata dengan benda atau objek yang memiliki sebutan yang sama, seperti mengenali ayahnya dengan 'papa' atau ibunya dengan 'bu' atau 'ma'. Anak juga akan lebih sering berceloteh, mengguman dan mengeluarkan suara-suara.

Jadi, jangan bosan mengajaknya bicara dan selalu pantau perkembangan anak setiap bulannya.

Loading