Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Saat memiliki bayi, semua hal tentang si kecil akan langsung jadi prioritas terutama kesehatannya. Rasanya sedih dan galau saat si kecil sedang sakit. Salah satu penyakit yang rentan menimpa si kecil adalah flu. Hidung tersumbat atau pilek bisa menjadi masalah bagi bayi kecil. Ini akan membuatnya sangat tak nyaman dan karena bayi tidak memiliki kemampuan untuk menyampaikan dengan tepat apa yang mereka alami, itu memang bisa sangat membuat mereka mudah menangis dan jadi rewel.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba orangtua untuk mengurangi gejala hidung tersumbat pada si kecil:

 

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

  • Yang paling pertama adalah hilangkan rasa tidak nyaman selama hidung tersumbat dengan berusaha membersihkan hidung tersumbat terlebih dahulu. Ciptakan suasana yang kaya kelembaban untuk bayi. Gunakan cool-mist humidifier, atau jika tak ada, letakkan seember air hangat di dalam ruangan saat bayi tertidur. Uap air hangat akan menghasilkan efek yang kurang lebih sama dengan pelembab udara..
  • Salah satu solusi rumahan terbaik adalah menggunakan tetes salin untuk rongga hidung. Sifat-sifat antibakterinya membersihkan baik - hidung tersumbat, maupun hidung meler - dan juga membunuh bakteri yang menyebabkan batuk dan pilek. Tetes saline dapat disiapkan di rumah dengan mudah atau dibeli dari apotik. Teteskan sedikit larutan ini di hidungnya dan tunggu satu menit. Tengkurapkan bayi dan biarkan air garam mengalir turun beserta cairan yang menyumbat hidung si kecil.
  • ASI ternyata juga bisa mengurangi hidung tersumbat bayi. Ibu dapat menuangkan satu atau dua tetes ASI ke dalam rongga hidung bayi. Setelah satu menit, angkat kepala bayi ke atas sehingga bisa mengalir bersama lendir.
  • Mengelus punggung bayi dengan lembut juga dapat membantu meredakan dada dan hidung tersumbat. Tepukan lembut membantu memecahkan lendir sehingga bayi bisa batuk.

Semoga informasi ini membantu ya Sahabat Fimela. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading