Sukses

Parenting

Penyebab Lapar Terus Saat Hamil dan Cara Menyiasatinya

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti sering sekali mendengar perempuan yang ingin makan terus saat hamil. Kadang ia juga ingin makan sesuatu yang tidak dia sukai sebelumnya. Peningkatan nafsu makan yang tiba-tiba ini diamati terutama pada trimester kedua. Pada saat itu mual-mual pagi di bulan-bulan awal telah memudar.

Saat hamil, ibu mempertahankan kehidupan lain di dalam dirinya. Ini berarti bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi. Dosis makanan dan nutrisi penting lainnya yang biasa dikonsumsi tidak lagi cukup. Cara tubuh memberitahu kita untuk meningkatkan asupan makanan adalah melalui rasa lapar. Ini adalah cara alami untuk memastikan bahwa bayi dan ibu mendapatkan semua nutrisi yang layak didapatkan.

Lalu, bagaimana sih cara untuk menyiasati rasa lapar yang terus-menerus datang ini?

  • Dapat dipahami bahwa ibu sedang menopang lebih dari satu kehidupan sekarang, penting bagi ibu untuk makan lebih banyak. Meski demikian ibu harus tahu berapa banyak lagi yang harus dimakan. Itu sebabnya merupakan ide bagus untuk merencanakan kalori yang masuk dalam tubuh. Di trimester pertama dan kedua, ibu membutuhkan 300 kalori ekstra, sedangkan dalam tiga bulan terakhir ibu membutuhkan sekitar 450 kalori lebih banyak. Maka, buatlah rencana diet agar tetap sehat selama mengandung.
  • Alih-alih makan tiga kali dalam sehari, ibu disarankan memilih makan 6 atau 7 kali dengan porsi lebih kecil. Secara alami, ini akan menyelamatkan ibu dari makan lebih dari yang diperlukan. Siapkan juga berbagai cemilan sehat seperti buah dan sayur agar ibu lebih lama kenyang.
  • Dalam kehamilan karena terjadinya rasa lapar jauh lebih umum, disarankan bagi seseorang untuk makan perlahan untuk memastikan bahwa dia tidak makan lebih dari yang diperlukan.
  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengabaikan sarapan. Mual di pagi hari memang godaan yang sering menyerang, tapi jangan biarkan ini menghalangimu dari tidak sarapan pagi. Tak sarapan hanya akan membuat tubuh lemah dan semakin lapar di siang harinya.
  • Sudah bukan rahasia lagi jika dehidrasi menyebabkan kelaparan. Karena itu ibu hamil sebaiknya cukup asupan air. Ibu hamil dalam sehari disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 10 gelas air.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Nyeri Ulu Hati saat Kehamilan, Apa Penyebabnya?
Artikel Selanjutnya
Alasan Hamil di Atas Usia 35 Sangat Berisiko