Sukses

Parenting

Anak Suka Mengemut Makanan, Ini Solusi untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Anak yang susah makan kadang akan mengemut makanan dan tak kunjung menelannya. Ini bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatannya. Ini bisa terjadi sejak fase pemberian MPASI. Agar tak menjadi kebiasaan, ibu perlu menemukan solusi untuk mengatasinya.

 

  • Ibu bisa mendampingi anak saat makan. Berikan contoh makan yang baik padanya. Kunyah makanan di depan si kecil agar dia mau meniru cara makan yang benar.
  • Anak bisa jadi bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Agar tak mengemut makanannya, ibu disarankan memberikan menu yang bervariasi untuk si kecil.
  • Ibu juga sebaiknya mendisiplinkan si kecil dengan memberikan waktu makan. Misal saja beri waktu 30 menit, jika sudah melewati waktu ambil makanannya. Ia akan bersemangat untuk segera melahap makanannya.

Nah, ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu agar si kecil tak mengemut makanan terlalu lama. Jika si kecil mengemut makanan karena ada gangguan dalam mulutnya, sebaiknya ibu membawanya ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Cara-cara di atas bisa dilakukan jika si kecil mengemut makanan karena malas atau tidak berselera makan.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Anak Susah Makan yang Penting Diketahui
Artikel Selanjutnya
Tips Ardina Rasti saat Anak Menolak Makan