Sukses

Parenting

5 Bahaya Berisiko pada Anak yang Suka Konsumsi Gula Berlebih

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri jika makanan atau minuman menjadi makanan dan minuman yang sangat disukai anak-anak. Mulai dari permen, cokelat, biskuit, jeli dan masih banyak lagi adalah makanan yang sangat disukai anak-anak.

Melansir dari laman parenting.com, makanan manis adalah makanan yang kaya glukosa dan sangat diperlukan anak-anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Dengan catatan, konsumsi glukosa ini tidak berlebihan. Sebaliknya, jika konsumsi glukosa atau gula berlebihan, ini sangat bahaya buat tumbuh kembang serta kesehatan anak. Berikut bahaya anak suka konsumsi gula berlebih.

1. Gigi Berlubang dan Rusak

Bahaya pertama ketika anak berlebihan konsumsi gula adalah risiko gigi berlubang dan rusak semakin besar. Anak yang kelebihan gula apalagi tidak mau sikat gigi dengan baik, akan sangat berisiko mengalami kerusakan gigi yang cukup parah.

2. Obesitas

Anak yang mengonsumsi gula berlebih juga akan berisiko obesitas berkali-kali lipat lebih besar dari anak yang mengonsumsi gula secukupnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi gula berlebihan akan mengalami obesitas atau kegemukan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa yang kelebihan konsumsi gula juga bakal mengalami obesitas.

Berisiko Diabetes dan Penyakit Lainnya

3. Mudah Lapar

Anak yang terlalu berlebihan konsumsi gula akan merasa mudah lapar. Ini karena glukosa berlebih dalam tubuh bisa menghambat hormon leptin yang berfungsi memberi sinyal pada tubuh bahwa tubuh telah kenyang dan saatnya menghentikan makan. Anak yang tidak bisa dikontrol asupan gulanya, kemungkinan besar ia juga akan kesulitan dikontrol asupan makanan lainnya.

4. Lemah Otak

Anak yang mengonsumsi gula berlebih bisa mengalami risiko lemah otak. Ia bisa saja kesulitan menangkap pelajaran. Tak hanya itu saja, anak dengan kelebihan asupan gula juga akan lebih mudah marah, emosi dan Depresi. Perasaan anak dengan konsumsi gula berlebihan pasalnya sangat sulit dikontrol agar lebih tenang.

5. Berisiko Diabetes dan Penyakit Lainnya

Anak yang mengonsumsi gula berlebih akan berpotensi memiliki risiko diabetes lebih besar. Ia juga akan lebih mudah terserang berbagai penyakit lainnya saat ia dewasa kelak.

Agar anak terhindar dari berbagai bahaya di atas, pastikan untuk membatasi asupan gula anak ya Sahabat Fimela. Pastikan juga untuk mengimbangi asupan gula anak dengan makanan sehat seperti sayur, buah, kacang-kacangan, daging, telur dan biji-bijian. Pastikan juga agar anak sikat gigi selepas mengonsumsi makanan atau minuman manis agar terhindar dari sakit atau kerusakan gigi.

 

What's On Fimela
Loading