Sukses

Parenting

MPASI Metode BLW vs Spoon Feeding, Mana yang Lebih Baik?

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan, secara umum ia sudah mulai siap memasuki tahap MPASI. MPASI merupakan keadaan di mana bayi sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (Air Susu Ibu). Dan di saat ini, sebaiknya bayi diberikan makanan yang benar-benar tepat untuknya. Cara memberikan makanan ke bayi pun juga tak boleh sembarang.

Mengenai MPASI, melansir dari laman parents.com, MPASI umumnya diberikan dengan metode BLW dan Spoon Feeding. Metode BLW atau Baby Led Weaning adalah metode di mana anak dibiarkan memilih dan mengonsumsi makanan dengan tangannya sendiri.

Apa Itu MPASI BLW vs Spoon Feeding?

Sedangkan metode Spoon Feeding adalah metode di mana bayi diberikan dengan cara menyuapkan makanan ke bayi. Makanan yang diberikan dalam metode spoon feeding umumnya adalah makanan dengan tekstur halus.

Dibandingkan dengan BLW, metode Spoon Feeding menjadi metode yang sangat populer sejak dulu hingga sekarang. Namun, seiring dengan perkembangan zaman banyak yang memakai metode BLW karena menganggap metode ini mengajarkan anak lebih peka pada tekstur dan rasa dari makanan yang ia konsumsi. Tidak sedikit orangtua yang memakai metode BLW karena menganggap metode ini bisa membuat anak lebih mandiri.

MPASI Mana yang Lebih Baik?

Lantas, dari metode BLW dan Spoon Feeding manakah yang lebih baik untuk bayi? Kedua metode ini sama baiknya. Namun ketika anak merasa tidak nyaman, nafsu makannya menurun dan belum siap makan sendiri, orangtua disarankan agar tidak memaksakan metode BLW pada anak.

Memang, metode BLW bisa membuat anak lebih kreatif dan mandiri, tapi jika metode ini meningkatkan risiko anak tersedak dan tidak bisa menikmati makanannya, sebaiknya metode ini tidak dilakukan. Jika ingin menerapkan metode BLW, orangtua harus tetap menerapkan metode Spoon Feeding agar anak tetap bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain menjamin anak mendapat nutrisi cukup, menerapkan kedua metode ini juga memungkinkan anak terhindar dari risiko bosan saat makan.

Saat anak masih mencoba memulai MPASI sebaiknya ini dimulai dengan metode Spoon Feeding. Baru ketika anak telah tumbuh dan berkembang lebih baik, usianya sudah cukup matang untuk menikmati makanannya sendiri dan bisa memegang makanannya dengan baik juga telah tumbuh gigi, orangtua bisa menerapkan metode BLW. Agar lebih yakin metode apa yang akan diberikan ke anak saat MPASI, sebaiknya ini tak lupa dikonsultasikan dengan dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Sayuran yang Bisa Dikenalkan ke Bayi untuk Pertama Kali
Artikel Selanjutnya
10 Cara Memberikan MPASI yang Baik