Sukses

Parenting

Rutin Menyusui Bermanfaat Mencegah Risiko Kanker Payudara, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Menyusui menjadi salah satu aktivitas atau momen yang sangat mengesankan bagi semua perempuan. Menyusui memiliki banyak manfaat baik untuk bayi maupun Mom. Menyusui adalah cara terbaik untuk menutrisi bayi. Para ahli menyarankan agar Mom memberikan ASI (Air Susu Ibu) atau menyusui secara eksklusif selama 6 bulan.

Melansir dari laman WebMD, menyusui adalah cara terbaik agar anak mendapat asupan nutrisi terbaiknya. Mom yang rutin menyusui juga akan memiliki buah hati dengan sistem kekebalan tubuh terbaik sehingga bayi tidak akan mudah sakit. Bayi yang mendapat asupan nutrisi ASI cukup setiap harinya juga akan memiliki kecerdasan mengesankan ke depannya.

Beberapa penelitian yang dilakukan para ahli bahkan menyebutkan jika menyusui bermanfaat mencegah risiko kanker payudara pada Mom. Giske Ursin, MD, PhD, seorang profesor kedokteran di Keck School of Midicine, University of Southern California menyebutkan jika aktivitas menyusui bisa melindungi perempuan dari risiko kanker payudara.

Penelitian lain yang dilakukan para ahli kesehatan di University of North Carolina School of Medicine juga menyebutkan jika perempuan dengan riwayat kanker payudara di keluarganya bisa mengalami penurunan risiko kanker hingga 59% setelah menyesui. Peneliti menemukan jika menyusui bisa mencegah perkembangan hormon reseptor negatif penyebab kanker payudara.

Lama tidaknya seorang perempuan menyusui, ini tidak berpengaruh besar besar terhadap seberapa besar risiko kanker di tubuhnya berkurang. Baik perempuan yang menyusui dalam waktu sebentar hingga waktu lama, pengurangan risiko kanker di keduanya berada di skala yang sama. Yang terpenting dari penelitian-penelitian di atas adalah, dengan menyusui perempuan bisa mengurangi risiko kanker payudara dalam dirinya tidak peduli lama atau tidak waktu menyusui tersebut.

Well Sahabat Fimela, setelah melahirkan dan dirimu mampu buat menyusui serta tidak ada kendala apapun, sebaiknya dirimu menyusui buah hati. Nutrisi berupa ASI adalah nutrisi terbaik buat bayi meskipun saat ini sudah ada banyak susu formula dengan kandungan nutrisi terbaiknya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menyusui Bisa Mengubah Bentuk Payudara, Mitos atau Fakta?
Artikel Selanjutnya
Menyusui, Cara Paling Mudah Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan