Sukses

Parenting

Mengenal Gejala Kanker Pada Anak, Lebih Waspada yuk Mom

Fimela.com, Jakarta Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Tidak hanya orang dewasa yang sangat berisiko terhadap kanker, anak-anak pun tak luput dari serangan kanker. Melansir dari laman parents.com, ada beberapa jenis kanker yang sangat rentan pada anak-anak.

Kanker pada anak sendiri bisa dijumpai saat anak berusia bayi hingga remaja. Kanker yang paling umum menyerang anak adalah tumor padat dan keganasan sel darah (leukimia). Kanker adalah penyakit kedua yang menyebabkan kematian pada anak-anak.

Gejala Kanker Anak Sulit Dikenali

Sama halnya dengan kanker pada orang dewasa, kanker pada anak-anak juga sangat sulit dikenali gejalanya. Ini karena kanker pada anak seringkali mirip dengan penyakit lain yang lebih ringan seperti demam, flu dan batuk.

Meski sulit dikenali, melansir dari laman babycenter.com ada beberapa gejala yang bisa menunjukkan apakah anak menderita kanker atau tidak. Gejala dari kanker pada anak antara lain adalah anak mengalami pendarahan, pucat, muncul memar di permukaan kulit, nyeri tulang, muncul benjolan atau pembengkakan, perut membuncit, sakit kepala menetap, muntah terus menerus dan adanya nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Periksakan Anak Jika Kondisinya Menurun

Ketika mendapati kondisi kesehatan anak menurun apalagi dalam waktu yang lama, sebaiknya orangtua segera memeriksakan anak ke dokter. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit anak sedini mungkin. Pastikan untuk membiasakan pola hidup sehat pada anak, membuatnya memiliki waktu istirahat cukup dan berikan asupan nutrisi yang cukup padanya.

Ketika mendapati buah hati tak enak badan, jangan segan untuk segera membawanya memeriksakan diri ya Mom?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading