Sukses

Parenting

Pentingnya Menanamkan Sopan Santun dan Tata Krama ke Anak

Fimela.com, Jakarta Sopan santun dan tata krama merupakan salah satu tindakan positif yang sangat penting untuk diajarkan pada anak sejak usianya sedini mungkin. Ketika anak memiliki sopan santun dan tata krama yang mengesankan tentunya ini akan membuat setiap orangtua bangga dan bahagia. Orang lain pun akan merasa tersanjung dan menghargainya.

Sopan santun yang perlu diajarkan ke anak sendiri bisa dimulai dari kebiasaan mengucapkan salam atau senyum ramah ke orang yang baru dikenal dan baru bertemu, bertanya bagaimana kabar orang yang sudah cukup dikenalnya, mengucapkan terima kasih ketika anak diberi sesuatu atau mendapat pertolongan, mengungkapkan maaf jika menyakiti orang lain baik secara disengaja maupun tidak disakiti, tidak berkata kasar, menghormati orang yang lebih tua darinya dan menyayangi orang yang lebih mudah darinya dan masih banyak lagi.

Mengajarkan sopan santun dan tata krama kepada anak tentunya membutuhkan proses yang cukup panjang. Orangtua harus lebih sabar, tenang dan berpikir positif selama mengajarkan anak sopan santun. Orangtua disarankan agar tidak memarahi apalagi memberi hukuman ke anak ketika anak tidak menerapkan sopan santu dan tata krama yang diajarkan.

Para ahli juga menyarankan agar orangtua menjadi contoh terbaik ketika menginginkan anak berlaku sopan, santun dan memiliki tata krama mengesankan. Melansir dari laman parents.com, orangtua adalah sosok yang menjadi panutan atau contoh pertama buat anak-anak. Anak-anak akan cenderung meniru sikap dan perbuatan orang yang terdekat dengannya.

Well Mom, saat menginginkan buah hati menjadi pribadi yang lebih sopan, santun dan memiliki tata krama mengesankan, pastikan untuk menjadi contoh terbaik untuk mereka ya?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading