Sukses

Parenting

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 7 Bulan, Berikut 4 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Tak terasa si kecil sudah menginjak usia tujuh bulan. Bayi yang tadinya begitu mungil kini sudah makin besar saja. Bahkan kini ada banyak hal yang dilakukannya yang membuat kita terkejut sendiri.

Rasa penasaran bayi makin bertambah. Dia juga sudah mulai bisa mengenali wajah-wajah familier atau orang-orang terdekatnya. Untuk mengoptimalkan perkembangannya di usia tujuh bulan, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan. Berikut empat tips sederhana seperti yang dilansir dari mother.ly.

1. Bermain petak umpet dengannya

Di usia tujuh bulan, bayi akan makin sering bergerak. Ia makin susah diam. Di sini kita bisa mengajaknya bermain petak umpet, seperti menyembunyikan mainan favoritnya dan memintanya mencarinya sendiri. Sehingga ia bisa semangat dan makin senang mengeksplorasi berbagai sudut yang ada.

2. Perkenalkan foto-foto para kerabat atau anggota keluarga

Karena sudah mulai bisa mengenali wajah-wajah familier atau orang terdekatnya, kita bisa membantunya dengan memperlihatkan foto para kerabat atau anggota keluarga lainnya lalu menyebutkan nama-namanya. Cara ini bisa jadi cara paling mudah untuk membantu meningkatkan daya ingatnya dan memancing rasa ingin tahunya. Bahkan kegiatan bisa dibuat semacam kegiatan bermain yang menyenangkan untuk si kecil.

3. Berbicara padanya dengan wajah ekspresif

Di usianya yang baru tujuh bulan bayi sudah bisa mengenali emosi. Untuk membangun komunikasi lebih kuat dengannya, kita bisa berbicara padanya dengan wajah yang ekspresif. Sehingga kita bisa menekankan emosi yang ingin kita sampaikan padanya.

4. Perbanyak kegiatan membaca atau bermain sambil duduk

Sudah bisa duduk dengan lebih tegak, si kecil akan senang bila diajak bermain atau dibacakan cerita. Bantu ia untuk bisa melatih dan memperkuat ototnya duduk dengan lebih baik. Bantu topang tubuhnya kalau ia mulai merasa capek atau masih butuh waktu lagi untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Berkomunikasi dengan si kecil jadi terasa lebih seru dan menyenangkan. Ia sudah bisa membaca dan mengenali emosi kita. Sudah cukup hafal dengan wajah orang-orang di dekatnya. Bahkan rasa ingin tahunya pun makin besar. Selalu luangkan waktu khusus menghabiskan waktu bersamanya untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Loading