Sukses

Parenting

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 12-18 Bulan, Simak Tipsnya yuk!

Fimela.com, Jakarta Saat anak sudah memasuki usia 12 bulan, tumbuh kembangnya akan makin pesat. Ia akan mulai belajar untuk berdiri sendiri pada usia sekitar 12 hingga 15 bulan. Saat sudah bisa berdiri, dia akan mulai mengeksplorasi banyak hal di sekitarnya.

Seperti yang dilansir dari pregnancybirthbaby.org.au, umumnya anak sudah bisa jalan pada usia 12-15 bulan tapi baru bisa berjalan pada usia 15-18 bulan juga masih dianggap normal. Selain itu, ia akan makin sulit diam karena rasa ingin tahunya yang sangat besar. Kemampuannya mengontrol gerakan anggota badannya juga meningkat, mulai dari memegang benda-benda di sekitarnya dan naik turun berbagai tempat.

Pada usia 12 bulan, anak juga akan mulai menunjukkan kedekatan emosi pada orang-orang yang sudah familier dengannya. Sehingga, ketika kita meninggalkannya karena harus bekerja, dia bisa saja menangis atau rewel. Pada usia tersebut, anak juga bisa mulai memahami perasaan orang lain. Dia bisa ikut sedih bila melihat orang di dekatnya tampak sedih. Untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak berusia 12-18 bulan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuknya. Selengkapnya, langsung saja kita simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Tunjukkan cinta dengan memberinya banyak pelukan dan ciuman.

2. Luangkan waktu lebih banyak bermain dengannya menggunakan aneka media dan mainan edukatif.

3. Ajak untuk bermain peran, seperti main rumah-rumahan, pura-pura minum teh, dan main boneka.

4. Perkenalkan objek dan benda-benda yang ada di sekitarnya. Perkenalkan juga nama-nama orang yang dekat dengannya.

5. Bacakan buku dan nyanyikan lagu-lagu ceria.

6. Arahkan ia untuk belajar kemampuan baru, seperti menggunakan sendok dan minum dari gelas,

7. Izinkan dia berjalan dan mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya dengan tetap berada di dekatnya.

8. Ajak dia untuk bermain dengan anak-anak lain. Di sini mungkin si kecil belum bisa memahami arti berbagi (seperti meminjamkan mainan) jadi perlu lebih sabar dalam memberinya pemahaman.

Ada baiknya untuk segera menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter bila anak pada usia 12-18 bulan belum bisa melakukan kontak mata, tak bisa mengucapkan kata sepatah pun, belum bisa mengikuti kata perintah, belum bisa berjalan, atau belum bisa melihat dan mendengar dengan jelas. Memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal merupakan tugas penting kita sebagai orangtua. Jadi, kita memang perlu selalu mengusahakan yang terbaik untuk memaksimalkan perkembangannya.

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 7 Bulan, Berikut 4 Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Anak Punya "Teman Khayalan", Orangtua Harus Bagaimana?