Sukses

Parenting

Efek Negatif Menjadi "Mom-Zombie", Pahami agar Kesehatan Ibu Juga Terjaga

Fimela.com, Jakarta Bayi kadang tak mengenal siang atau malam ketika rewel dan menangis. Kondisi ini pun kadang membuat ibu harus terjaga sepanjang malam untuk menenangkan si kecil. Atau pada siang hari saat perlu waktu untuk tidur siang sejenak jadi tak bisa istirahat sama sekali karena sibuk menjaga buah hati tercinta.

Ibu yang kurang tidur karena sibuk menjaga dan menenangkan bayi siang malam pun bisa dijuluki "mom-zombie". Mom-zombie merupakan istilah yang kerap diberikan pada ibu yang kelelahan karena merawat si kecil sampai kurang tidur. Idealnya kita perlu waktu enam hingga tujuh jam setiap malam untuk tidur. Bila jam tidur kurang dari itu, sepert yang dilansir dari babygaga.com, kemampuan verbal, kemampuan menyelesaikan masalah, dan kemampuan memahami tulisan bisa menurun. Dampak negatif ini jelas tidak baik pada ibu.

Kurang tidur pun bisa menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh berkurang. Apa akibatnya? Akibatnya elastisitas atau kekenyalah kulit akan menurun. Kulit jadi tidak terlihat cerah lagi. Jadi selain bisa memengaruhi daya pikir atau kemampuan otak, kurang tidur juga bisa memengaruhi kesehatan kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sleep Research Society menemukan bahwa ibu dan ayah baru bisa mendapatkan jam tidur normalnya kembali enam tahun setelah kelahiran anak pertama. Mendapatkan jam tidur cukup memang jadi tantangan sendiri pada setiap ibu atau orangtua, ya.

Perlu juga kerjasama yang baik dengan suami agar bisa sama-sama mendapat waktu tidur dan istirahat yang cukup setiap harinya. Mendidik dan merawat anak pastinya tugas ibu dan ayah. Memiliki suami yang suportif pastinya akan sangat membantu meringankan rutinitas yang makin berat setelah memiliki anak.

Setelah memiliki, kesibukan dan rutinitas kita pastinya akan berubah. Mengasuh, merawat, dan mendidik anak membutuhkan waktu dan energi yang tidak sedikit. Meski begitu, ibu juga tetap perlu menjaga kesehatannya. Kalau ibu jatuh sakit, khawatir nanti anak akan ikut jatuh sakit. Tetap jaga kesehatan ya moms, usahakan untuk bisa memenuhi kebutuhan tidur yang cukup agar tubuh selalu bugar.

 

Loading