Sukses

Parenting

Ibu Minum Air Es Selama Masa Menyusui, Bolehkah?

Fimela.com, Jakarta Selama masa menyusui, ibu memang perlu menjaga pola makan dengan baik. Kesehatan dan kebugaran tubuh pun harus dijaga agar produksi ASI lancar dan tumbuh kembang si kecil bisa berlangsung optimal. Tapi jangan sampai ibu jadi makin stres sendiri karena merasa terbebani oleh tuntutan menjaga pola makan dengan baik ini.

Salah satu hal yang kerap bikin dilema adalah soal boleh tidaknya minum air es selama masa menyusui. Ada yang bilang bila ibu minum air es, nanti ASI-nya akan dingin dan membuat bayi flu. Tapi ternyata hal itu tidak benar. Dr Raghuram Mallaiah kepala neonatologu Fortis Le Femme, seperti yang dilansir dari thehealthsite.com, dalam LactoClave 2016 yang diselenggarakan oleh Medela menyebutkan bahwa bila ibu minum air es selama masa menyusui, bayi tak akan mengalami flu. Infeksi virus tidak ditularkan melalui ASI.

Bayi bisa mengalami flu atau pilek bila sedari awal sang ibu sudah sakit flu atau pilek tersebut. Kalau ternyata dari minum es tersebut, kondisi tubuh ibu sedang tidak bugar dan akhirnya flu, maka baru ada kemungkinan si kecil akan tertular virus dari ibu. Atau kalau ibu agak sensitif dengan air es, sebaiknya memang hindari minum air es untuk sementara waktu selama masa menyusui.

Selama minum air es yang dilakukan tidak berlebihan, rasanya tak apa-apa. Yang perlu lebih ditekankan di sini adalah pentingnya ibu untuk selalu mendapat asupan air dan kebutuhan cairannya terpenuhi dengan baik agar produksi ASI lancar. Imbangi juga dengan pola makan kaya protein yang bisa menunjang kesehatan ibu untuk agar lancar dalam memberikan ASI.

Loading
Artikel Selanjutnya
Siapkan Payudara Sejak Hamil Agar ASI Lancar
Artikel Selanjutnya
Bisakah Ibu yang Sedang Flu Menyusui Si Kecil?