Sukses

Parenting

5 Tips Memandikan Bayi agar Tidak Menangis

Fimela.com, Jakarta Memandikan bayi bisa jadi tugas yang cukup bikin deg-degan bagi para orangtua. Khususnya bagi para orangtua baru, kadang ada kekhawatiran si kecil akan menangis dan rewel sekali kali dimnandikan. Meski begitu, bayi tetap perl dimandikan secara rutin agar kebersihan dan kesehatannya terjaga.

Ada bayi yang memang tak nyaman dimandikan, bahkan sering rewel karena berbagai hal seperti suhu air dan suasana hatinya. Agar bayi tidak menangis, ada beberapa tips dan cara yang bisa kita coba. Selengkapnya, langsung simak tips-tipsnya di sini ya.

1. Gunakan sabun yang lembut

Produk sabun dan sampo yang dipakai harus yang memang untuk bayi. Pilih yang teksturnya lembut dan aromanya wangi. Hindari produk yang memiliki busa yang perih di mata. Sebab sedikit saja ada produk yang bikin perih di mata, si kecil bisa langsung rewel dan sulit ditenangkan.

2. Gunakan air hangat

Air hangat suam-suam kuku adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan memandikan bayi. Kalau terlalu dingin, bayi bisa menggigil dan rewel. Air yang terlalu panas pun jelas bisa melukai kulit bayi. Selalu cek dulu suhu air dalam bak mandi sebelum menggunakannya untuk memandikan si kecil.

3. Buat jadwal rutin

Misal, jadwal mandi setiap pagi adalah pukul 07.30 maka disiplinlah mengikuti jadwal tersebut. Sehingga bayi bisa lebih mudah mengantisipasi rutinitasnya dengan lebih baik. Selain itu, bisa membantunya mendapatkan jadwal tidur yang lebih teratur.

4. Basuh badan bayi pelan-pelan

Oles atau basuhkan air sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Kemudian keramasi rambutnya saat bayi sudah lebih tenang. Sebab bila langsung dimasukkan ke dalam bak mandi, si kecil bisa kaget dan menangis dengan perubahan suhu tubunya yang terlalu tiba-tiba.

5. Topang kepalanya dengan baik

Agar si kecil nyaman, dia harus dipastikan berada di tempat yang aman. Topang kepalanya dengan tangan kita. Pastikan posisinya tidak gampang jatuh atau tergelincir. Saat bayi sudah merasa berada di tangan yang tepat dan aman, dia pun akan tenang dengan sendirinya.

Kita juga bisa sambil menyenandungkan lagu lembut untuk membuat bayi rileks saat dimandikan. Semoga tips di atas bisa membantu kita dan menjaga si kecil tetap nyaman dan tak menangi saat dimandikan, ya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Benar dan Aman Membersihkan Telinga Bayi Usia 0 - 6 Bulan