Sukses

Parenting

8 Makanan yang Harus Jadi Asupan Awal Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan kehamilan sudah harus dimulai sejak awal khamilan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah asupan nutrisi harian. Di awal kehamilan, bumil sudah harus banyak konsumsi vitamin dan mineral untuk perkembangan janin sehat. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di awal kehamilan? Cek daftarnya yuk!

1. Susu dan produk olahannya

Selama hamil, dirimu membuthkan asupan kalsium, protein dan lemak sehat, dan susu dapat memenuhi kebutuhan penting ini. Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju bisa dikonsumsi setiap hari.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Semua ini termasuk kacang hijau, kacang kedelai, kacang polong, edamame, kacang tanah, almond dan lain sebagainya. Biji-bijian dan kacang-kacangan mampu memenuhi serat makanan yang dibutuhkan bumil untuk menjaga pencernaan sehat. Terlebih lagi makanan ini mampu memenuhi asma folat (vitamin B9) yang dibutuhkan terutama di trimester pertama.

3. Ubi

Ubi manis kaya akan beta karoten, turunan vitamin A yang penting untuk pertumbuhan dan pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh. Ubi rebus juga mengandung serat untuk menjaga pencernaan sehat.

4. Salmon

Ikan salmon dibutuhkan bumil karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang tinggi sangat penting untuk mata sehat dan kecerdasan otak bayi serta mencegah penyakit serius terkait saraf.

5. Telur

Telur memenuhi kebutuhan protein dan kolin yang esensial dalam pembentukan otak dan sistem saraf tubuh. Telur juga membantu memenuhi vitamin dan mineral.

6. Sayuran hijau

Rajin makan brokoli, sawi, bayam, selada, kale dan berbagai sayuran hijau mampu memberi banyak asupan nutrisi seperti serat, asam folat, zat besi, kalisum, vitamin C, A, dan K. Sayuran hijau juga tinggi antioksidan.

7. Daging

Daging sapi, kambing, dan ayam adalah jenis daging yang lebih baik dikonsumsi bumil, karena lebih rendah lemak. Protein dan mineral dalam daging-daging ini dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin dan sel-sel darah merah.

8. Alpukat

Buah alpukat, terutama dapat memenuhi kebutuhan asam folat dan lemak sehat yang membantu membentuk kulit, otak dan jaringan-jaringan tubuh yang sehat. Alpukat juga mengandung vitamin B dan C yang tinggi yang dibutuhkan bumil.

Itu sekian asupan makanan awal kehamilan yang harus dionsumsi ibu hamil secara rutin. Jangan anggap sepele nutrisi sehat hanya karena belum merasakan perut besar, karena justru di momen inilah pentingnya pembentukan janin sehat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Ikan jadi Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
Alasan Protein jadi Nutrisi Penting Selama Hamil