Sukses

Parenting

Ingin Anak Lebih Percaya Diri? Hargai Setiap Usahanya!

Fimela.com, Jakarta Anak-anak membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi sejak dini. Kepercayaan diri bisa jadi bekal penting untuk anak agar bisa menghadapi kehidupan dengan baik, dan peran orangtua sangat krusial di sini.

Banyak orangtua tak tahu bahwa pujian dan apresiasi yang diberikan atas keberhasilan anak bisa memberi pengaruh besar terhadap kepercayaan dirinya.

Psikolog sekaligus penulis 15 buku parenting, Carl Pickhardt, mengatakan, "Entah anak membuat tendangan gola atau pun tak sengaja menendang bola keluar lapangan, beri mereka tepuk tangan." Apresiasi usahanya, baik itu berhasil maupun gagal.

Anak-anak seharusnya tidak merasa malu atas kegagalan yang ia buat. Mereka seharusnya memandang kegagalan bukan sebagai sebuah rasa malu dan rendah diri, namun menjadi sebuah hal untuk dipelajari.

Anak-anak yang diberi apresiasi atas usahanya oleh orang-orang terdekatnya akan membentuk pribadi dengan karakter mental yang kuat. Ia tidak akan pantang menyerah atau mudah sakit hati.

Tentu saja orangtua juga perlu tahu seberapa banyak pujian yang bisa diberikan dan motivasi apa yang bisa diberikan agar anak bisa menjadi lebih baik. Bukan kemudian merasa 'bangga' atas kegagalannya.

Jadi, jangan menjatuhkan anak saat ia melakukan kesalahan atau kegagalan, bagun kepercayaan dirinya dengan apresiasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Latih Rasa Penasaran Anak, Cara Terbaik Bangun Kepercayaan Dirinya!
Artikel Selanjutnya
Kurang Percaya Diri, Hal yang Perlu Dikhawatirkan di Usia 25an