Sukses

Parenting

Amankah Makan Selada selama Hamil? Perhatikan Poin Ini!

Fimela.com, Jakarta Sudah umum diketahui bahwa sayuran merupakan salah satu sumber makanan wajib selama hamil karena bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang ibu hamil, terutama sayur sayuran hijau. Salah satu sayuran yang masuk dalam kelompok sayuran hijau adalah selada.

Namun selada umumnya dimakan dalam keadaan mentah, sedangkan ibu hamil sebaiknya tidak makan makanan mentah karena dikhawatirkan akan meningkatkan risiko masuknya virus, infeksi dan bakteri penyebab penyakit. Lalu sebaiknya bagaimana?

Selada tetap bisa dimakan, asal dicuci dengan sangat bersih dan teliti. Karena selada ditanam di dalam tanah atau air yang kemungkinan mengandung bakteri dan parasit yang tak diketahui, lebih baik rendam dengan sabun khusus sayur dan buah untuk menghilangkan tanah dan kotoran yang menempel.

Potong akarnya dan petik juga daunnya satu per satu sehingga setiap sela-selanya bisa dicuci dengan bersih. Bilas dengan air bersih, lalu bersihkan lagi dengan air mengalir hingga bersih untuk membuang sisa sabun dan pestisida.

Secara umum, selada memiliki kandungan sehat untuk kehamilan, yaitu memiliki kandungan utama asam folat yang membantu tumbuh kembang janin sehat. Jadi, tak masalah tetap makan selada asal tahu benar bahwa selada sudah dicuci dengan bersih dan higienis sebelum dimakan.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Pusing selama Hamil!
Artikel Selanjutnya
Pusing Berat Tiap Trimester Kehamilan, Ini Alasan Utamanya!