Sukses

Parenting

7 Manfaat Mengonsumsi Selada untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil butuh makanan bergizi seperti sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Salah satu sayuran hijau yang mengandung asam folat adalah selada. Meski sebenarnya ibu hamil tak boleh makan makanan mentah namun selada sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah. Asal dicuci dengan bersih dan menyeluruh, maka tak masalah mengonsumsi selada.

1. Mencegah cacat lahir

Selada mengandung asam folat tinggi yang mampu mencegah risiko caat lahir pada bayi. Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan sistem saraf sehat pada bayi.

2. Melancarkan pencernaan

Serat dalam selada juga membantu melancarkan pencernaan selama hamil. Seringkali perubahan hormon akan membuat pencernaan terganggu, jadi serat sangat diperlukan di sini.

3. Tidur lebih nyenyak

Selada bisa jadi makanan yang menginduksi tidur alami dan membantumu tidur lebih nyenyak dan cukup selama hamil. Kandungan dalam sayur selada memberikan sinyal pada jaringan saraf otot untuk rileks.

 

Manfaat makan selada

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kira-kira mengapa selada sering ada dalam menu lalapan atau makanan berminyak? Karena selada mampu menjaga kadar kolesterol, bahkan bisa menurunkannya sehingga bumil tidak berisiko meningkatkan kadar kolesterolnya yang membahayakan kehamilan.

5. Mengurangi inflamasi

Selada punya sifat anti inflamasi yang baik sehingga bisa mengurangi bengkak selama masa kehamilan. Sel-sel tubuh cenderung tertekan dan stres selama hamil jadi anti inflamasi sangat dibutuhkan tubuh.

6. Meningkatkan sistem imun

Selada dengan warna hijaunya yang segar memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menetralisasi radikal bebas dan menjaga sel-sel sehat. Tingginya antioksidan seakan obat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

7. Anti kanker

Karena antioksidannya yang tinggi, selada juga memiliki sifat anti kanker, bisa mencegah kerusakan DNA selama hamil. Antioksidan tinggi bisa menjaga sel-sel dari kemungkinan berubah abnormal dan menjadi kanker.

Selada adalah sayuran sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil karena punya banyak manfaat. Selalu pastikan telah mencucinya dengan bersih ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading