Sukses

Parenting

5 Obat Flu Alami Paling Ampuh untuk Ibu Menyusui

Fimela.com, Jakarta Ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui tetap harus hati-hati jika ingin minum obat karena sakit yang dideritanya, bahkan jika itu hanya demam dan flu biasa. Menurut University of Michigan Health System dan banyak dokter kandungan, ibu sebaiknya menghindari pengobatan (obat kimia) di 12 minggu pertama kehamilan dan setelahnya. Dikhawatirkan obat-obatan kimia akan memberi pengaruh buruk pada bayi lewat ASI, sebaiknya ibu menyusui mengonsumsi obat alami untuk mengatasi flu.

Beberapa obat alami yang bisa dikonsumsi ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Jahe hangat: jahe memiliki sifat mengobati alami sehingga bisa meningkatkan kekuatan tubuh melawan penyakit, termasuk melawan virus flu.

2. Sup ayam: kaldu ayam hangat mempu menguatkan imunitas tubuh sekaligus menjadi sumber energi agar tubuh kuat selama melawan virus flu.

3. Jus kunyit: Seperti jahe, kunyit memiliki sifat menyembuhkan, anti inflamasi dan anti mikroba sehingga sangat baik menguatkan kekebalan tubuh dalam menlawan sumber penyakit.

4. Lemon dan madu hangat: Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon mampu melawan virus flu, dan madu membantu menguatkan imun tubuh.

5. Air hangat: Minum lebih banyak air hangat dan hindari minum es atau air dingin untuk meredakan dan melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan yang sakit.

Jika masih ingin minum obat kimia, lebih baik pilih asetaminofen atau antihistamin. Obat yang sering dijadikan penurun demam dan pereda sakit ini telah diteliti cukup aman diminum saat menyusui karena jumlahnya sangat kecil yang mampu disalurkan lewat ASI ke bayi.

Jadi, mana pun pilihan sahabat Fimela, selalu pastikan obat yang dikonsumsi aman untuk bayi ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kadar Stres Selama Hamil Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Menurut Studi!
Artikel Selanjutnya
Agar Tidak Gumoh, Ini 4 Cara Menyendawakan Bayi yang Tepat