Sukses

Parenting

Tips agar Anak Tetap Aktif di Rumah ketika Ditinggal Orangtua Kerja

Fimela.com, Jakarta Anak-anak membutuhkan orangtua mereka terutama saat masih kecil. Namun pekerjaan seringkali menjadi faktor yang membuat orangtua harus rela meninggalkan anak-anak di rumah untuk beberapa saat.

Tak jarang anak jadi bingung mau melakukan apa ketika sendirian. Oleh karena itu, orangtua harus tahu bagaimana cara membuat anak tetap aktif secra positif ketika ditinggal bekerja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua, seperti sekian hal ini.

1. Belajar kesenian dan kerajinan tangan

Saat di rumah, ajarkan anak menggambar, mengenal warna dan aktif mengeksplor kemampuan dan bakatnya dalam kerajinan tangan. Setelah pulang sekolah, anak memiliki banyak waktu untuk berbagai kegiatan seni ini.

2. Mengundang teman ke rumah

Anak-anak yang sudah sekolah bisa mengajak temannya ke rumah untuk bermain bersama. Hal ini akan merangsang perkembangan sosial anak, terutama dalam berinteraksi dengan sesamanya. Ia juga belajar mengembangkan skill problem-solvingnya ketika bersama teman.

3. Membaca

Akrabkan anak dengan buku dan belajar membaca. Membaca bukan hanya akan mengembangkan pengetahuan ank, tapi juga mengembangkan imajinasi dan kemampuannya berpikir dalam berbagai hal. Anak juga menjadi lebih tenang karena menghabiskan waktu tanpa membuatnya lelah secara fisik.

 

Tips membuat anak tetap aktif di rumah

4. Nonton acara anak yang mendidik

Untuk anak-anak yang tidak begitu suka melakukan banyak hal dan ingin hiburan, biarkan ia nonton acara anak yang mendidik. Pilih bebrapa program yang cocok dengan usia anak dan konten yang mampu mengembangkan karakter anak.

5. Tidur siang

Siang hari setelah ia pulang sekolah adalah waktu terbaik baginya untuk tidur siang. Biarkan anak tidur selagi sahabat Fimela bekerja. Ini adalah waktu paling tenang karena tidak membuat orangtua khawatir.

6. Bermain

Jika anak cukup aktif, selalu sediakan mainan atau game yang bisa ia mainkan sendiri. Ia bisa bermain dengan lego, balok-balok susun dan lainnya yang bisa membuatnya tetap aktif saat sendirian.

Itu yang bisa dilakukan orangtua jika ingin menjaga anak tetap aktif selagi ditinggal bekerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading