Sukses

Parenting

Kapan Pertama Kali Bayi Boleh Makan Kacang?

Fimela.com, Jakarta Bayi butuh mengenal banyak makanan ketika sudah waktunya mengenal makanan padat, karena bagaimana pun ia tak akan bisa bergantung pada ASI selamanya. Namun beberapa makanan padat juga punya waktunya sendiri untuk bisa dikenalkan pada anak. Seperti misalnya makan kacang.

Kacang merupakan salah satu makanan yang sering menimbulkan alergi pada anak-anak, hampir sama kedudukannya dengan makanan penyebab alergi lainnya seperti susu, telur, dan seafood. Meski begitu, anak tetap perlu mengenal kacang sebagai makanan padat seperti makanan lainnya.

Hanya saja, yang perlu diketahui orangtua adaah usia yang tepat mengenalkan anak pada kacang. Anak-anak usia di bawah 4 tahun lebih rentan mengalami reaksi alergi, tapi Moms bisa mulai mengenalkan anak-anak makan kacang sejak ia bayi dan sudah terbiasa dengan berbagai makanan padat pertamanya, seperti dilansir dari Very Well Family.

Namun pastikan juga bahwa keluarga tidak memiliki riwayat alergi terhadap kacang, sehingga pemberian kacang sebagai makanan padat bayi juga sudah dipertimbangkan cukup aman. Berhati-hatilah saat memberikan kacang, karena bayi bisa tersedak karena ukuran dan bentuk kacang, akan lebih baik jika sudah dicincang atau dihaluskan.

Itu dia usia tepat anak bisa mulai mengenal kacang, selama tak ada riwayat alergi kacang atau alergi makanan pada umumnya, cukup aman memberikan bayi kacang sebagai makanan padat pertamanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Membiarkan Bayi Menangis Sampai Tidur Itu Tidak Baik
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini