Sukses

Parenting

Tips Mengakali Anak yang Minta Gendong Terus

Fimela.com, Jakarta Biasanya ibu akan mengatasi anak rewel dengan menggendongnya. Sayangnya, kebiasaan ini kadang membuat anak jadi ketergantungan dan tak akan diam menangis jika tak digendong. Hal ini jelas akan merepotkan ibu.

Mengatasi anak yang minta gendong terus memang tak bisa instan. Anak butuh waktu untuk beradaptasi dan ibu memang harus bersabar. Berikut adalah tips yang bisa dicoba agar anak tak ketergantungan minta gendong terus.

  • Yang pertama ibu harus mengurangi frekuensi menggendong si kecil. Ibu bisa mencoba menggunakan stroller untuk mengajak anak jalan-jalan. Jadi tak selalu harus menggendongnya.
  • Anak biasanya menangis dan akan diam saat digendong. Ini jadi salah satu penyebab si kecil tak mau diam jika tak digendong. Padahal ada banyak cara untuk menenangkan anak saat ia sedih, gelisah, atau takut. Ibu bisa memeluk dan mengusap kepala si kecil. Tak perlu menggendongnya. Lama-kelamaan si kecil pun akan terbiasa dan belajar untuk tak selalu digendong oleh ibu.
  • Saat si kecil sudah beranjak makin besar, ibu harus selalu mengingatkan bahwa gendongan hanya untuk bayi dan anak yang masih kecil. Jika sudah besar, si kecil tidak boleh menyusahkan orang lain dengan minta digendong.
  • Ibu juga disarankan untuk memberi tahu keluarga atau pengasuh agar si kecil tak dibiasakan untuk selalu digendong. Ini akan melatih si kecil untuk lebih mandiri dan tidak merengak minta digendong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading