Sukses

Parenting

Bayi Baru Lahir Sering Bersin, Apakah Berbahaya?

Fimela.com, Jakarta Kehadiran seorang bayi dalam sebuah keluarga memberikan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang. Kehadiran bayi juga membuat keluarga merasa cemas serta khawatir untuk orangtua baru yang belum memiliki pengalaman memiliki bayi. Bicara mengenai bayi, jika diperhatikan biasanya bayi yang baru lahir akan sering bersin-bersin. Apakah bersin ini berbahaya, tanda penyakitkah?

Melansir dari laman babycenter.com, bayi yang sering bersin adalah hal yang wajar. Bersin ini bukan karena ia kedinginan atau sakit melainkan ini adalah cara alami tubuh bayi membersihkan saluran hidung dan pernafasannya.

Dibandingkan dengan orang dewasa, bayi yang baru lahir memiliki saluran hidung yang lebih kecil. Inilah yang membuat saluran hidung tersebut mudah tersumbat dan akhirnya mendorongnya untuk bersin lebih sering. ASI, lendir dan debu menjadi penyebab utama yang menyumbat saluran pernafasan bayi Sahabat Fimela.

 

 

Glade Curtis, M.D, seorang ahli kesehatan anak di Amerika Serikat mengungkapkan jika bersin juga menjadi cara bayi membuka lubang hidungnya yang sementara sempat tertutup saat menyusui. Well Mom, tak perlu khawatir ketika mendapati buah hati sering bersin. Selama bersin tersebut tidak disertai batuk, sulit bernafas, tidak mau makan dan minum, demam serta kelelahan atau rewel berkepanjangan, sering bersin pada bayi masih dikategorikan aman.

Namun jika Mom menemukan sesuatu yang mencurigakan terkait kebiasaan bersin bayi, segera periksakan kondisi bayi di dokter ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

2 dari 2 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Obat Flu Alami Paling Ampuh untuk Ibu Menyusui
Artikel Selanjutnya
Sampai Usia Berapa Sih Bayi Sebaiknya Tidur Bersama Orangtua?