Sukses

Parenting

Menyusui di Tempat Umum, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Fimela.com, Jakarta Para ahli menyarankan agar bayi mendapatkan asupan ASI (Air Susu Ibu) setidaknya hingga usianya mencapai 2 tahun. Melansir dari laman babycenter.com, ASI bukan sekedar asupan nutrisi yang mengenyangkan anak tetapi juga sebagai asupan nutrisi yang memiliki segudang manfaat buat kesehatannya.

WHO dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) sendiri menyarankan agar ibu memberikan ASI eksklusif ke anak hingga usianya mencapai 6 bulan. Mengenai aktivitas menyusui, bisa saja hal ini dianggap sebagai salah satu aktivitas yang butuh proses panjang dan perlu kepercayaan diri tinggi, apa buat ibu-ibu di era modern seperti sekarang ini.

Bagi ibu yang kesehariannya berada di rumah, proses menyusui mungkin akan menjadi hal yang sangat mudah dilakukan karena hanya orang rumah yang melihatnya. Tapi, bagaimana dengan ibu yang bekerja, ibu yang sering bepergian dengan bayinya dan ibu yang sering ke luar rumah? Meski tidak ada larangan menyusui di tempat umum, menyusui di tempat umum cukup memerlukan kehati-hatian untuk melakukannya.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Menyusui di Tempat Umum?

Ketika bepergian dengan buah hati ke tempat umum dan ia ingin menyusu, sebelum pergi pastikan untuk mengenakan pakaian yang tepat. Pakaian yang tepat untuk ibu menyusui adalah pakaian yang memiliki kancing di bagian dada, pakaian khusus untuk ibu menyusui dan pakaian yang menutup daerah dada dengan baik. Disarankan bagi Mom untuk membawa selendang atau kain khusus yang bisa digunakan untuk menutup bagian dada selama menyusui.

Selama menyusui di tempat umum, lakukan dengan perasaan tenang dan nyaman. Mom harus tetap anggun dan segera menegakkan tubuh ketika anak sudah menemukan puting Mom. Lakukan proses menyusui dengan cekatan atau sesegera mungkin. Ketika bayi atau anak sudah cukup kenyang, cobalah untuk menghentikan aktivitas menyusui tersebut.

Oh iya, meski berada di tempat umum, sebelum menyusui pastikan untuk mencari tempat yang benar-benar membuat Mom dan buah hati nyaman. Hindari berada di tempat yang terlihat mencolok, terlalu ramai dan banyak orang yang lalu lalang di depan Mom. Jika proses menyusui sudah selesai, segera rapikan diri Mom dan buah hati.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menurunkan Produksi ASI
Artikel Selanjutnya
Tips Menyusui Saat Bayi Mulai Tumbuh Gigi