Sukses

Parenting

Ciri-ciri Kulit Bayi Sensitif dan Memerlukan Perawatan Khusus

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati kulit buah hati Mom merah-merah, bintik-bintik hingga seperti terkena luka bakar? Jika iya, ini bisa menjadi tanda bahwa kulit buah hati cukup sensitif Mom. Kulit bayi yang sensitif sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari biang keringat, alergi makanan, alergi produk perawatan bayi dan masih banyak lagi.

Selain terlihat kemerahan dan ada bintik-bintik, kulit bayi yang sensitif juga memiliki beberapa ciri lainnya. Melansir dari laman babycenter.com, inilah beberapa ciri atau tanda jika kulit bayi Mom sensitif.

Ruam dan Bintik-bintik Merah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kulit bayi yang sensitif ditandai dengan adanya ruam, bintik-bintik merah atau luka seperti luka bakar. Ruam dan bintik ini terjadi sebagai reaksi tubuh bayi yang melawan zat asing dari luar. Jika menemukan hal ini, segera periksakan kondisi bayi ke dokter dan obati dengan salep atau sejenisnya atas resep dokter.

2 dari 3 halaman

Ciri Kulit Bayi Sensitif

Kulit Rentan Terkena Penyakit

Ciri kulit bayi sensitif selanjutnya adalah kulit bayi rentan terkena penyakit. Semakin mudah kulit terkena penyakit seperti eksim, biang keringat, kurap, biduran, ruam popok dan sejenisnya menandakan bahwa kulit bayi sangat sensitif.

Sebaiknya Mom tetap tenang ketika bayi mengalami hal ini karena dalam beberapa hari penyakit ini akan sembuh. Namun, jika penyakit-penyakit tak segera sembuh, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan buah hati ke dokter atau ahlinya.

Kulit Bayi Terlihat Kering Bahkan Bersisik

Kulit bayi yang sensitif juga memiliki ciri jika kulit tersebut sangat kering bahkan bersisik. Jika mendapati hal ini, pastikan untuk lebih sering dan rutin mengoleskan pelembab ke kulit bayi. Kulit bayi yang terlalu kering lebih mudah terserang berbagai masalah juga penyakit.

Itulah beberapa ciri-ciri kulit bayi yang sensitif dan memerlukan perawatan khusus. Semiga informasi ini bermanfaat ya Mom.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Terbaik Mengaplikasikan Retinol untuk Si Kulit Kering dan Sensitif
Artikel Selanjutnya
Perbedaan Antara Kulit Sensitif dan Kulit Alergi yang Perlu Diketahui