Sukses

Parenting

4 Manfaat Mengagumkan Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil dan Bayi

Fimela.com, Jakarta Para ahli percaya jika mendengarkan musik bisa membuat hati merasa lebih tenang dan nyaman. Mendengarkan musik juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan semangat dalam diri. Melansir dari laman parenting.firtcry.com, mendengarkan musik bagi ibu hamil bahkan bisa membuat ibu maupun janin di kandungannya lebih sehat secara fisik maupun psikis.

Penelitian menyebutkan jika mendengarkan musik bisa merangsang tumbuh kembang janin di kandungan dengan lebih baik. Ini juga akan menurunkan risiko stres pada ibu hamil selama kehamilan. Berikut adalah manfaat mendengarkan musik bagi ibu hamil dan bayinya.

Mengurangi Stres dan Bantu Tidur Nyenyak

Menurunkan Risiko Stres

Kehamilan tidak jarang membuat ibu merasa stres bahkan depresi. Perubahan yang terus terjadi dalam diri selama kehamilan seringkali membuat ibu merasa tak siap. Jika stres terus menerus terjadi, ini tentunya akan mengganggu kesehatan sendiri maupun janin. Untuk menurunkan risiko stres, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendengarkan musik.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Mendengarkan musik selama kehamilan bisa membantu ibu maupun bayi mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Penelitian menyebutkan jika bayi yang terbiasa mendengarkan musik akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari bayi yang tak pernah mendengarkan musik. Mendengarkan musik selama kehamilan juga disebutkan bisa membantu bayi memiliki pola tidur yang lebih baik saat ia telah lahir ke dunia nantinya.

Meningkatkan Kemampuan Indera Pendengeran Bayi

Meningkatkan Kemampuan Indera Pendengeran Bayi

Mendengarkan musik melalui headphone akan meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran dan keterampilan bayi dalam rahim. Getaran musik dan alunan melodi akan membuat bayi lebih fokus, konsentrasi serta lebih cerdas.

Meningkatkan Refleks Bayi

Melansir dari Expectant Mothers Guide, Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman mengungkapkan jika musik bisa merangsang tumbuh kembang otak anak. Musik juga bisa membantu individu terutama bayi lebih refleks dengan sekitarnya. Ini bahkan bisa mengembangkan kemampuan belajar dan perilakunya saat ia sudah lahir nanti.

Itulah beberapa manfaat mengagumkan mendengarkan musik bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Untukmu Mom yang sedang mengandung, jangan pernah sia-siakan aktivitas mendengarkan musik, lantunan ayat suci al-quran atau hal lainnya yang membantu bayi lebih fokus serta konsentrasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini Dampaknya Jika Air Ketuban Pecah Dini
Artikel Selanjutnya
Kapan Melakukan Hubungan Intim Selama Kehamilan Berbahaya?