Sukses

Parenting

Cara Mudah Mengatasi Morning Sickness Pada Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Morning sickness merupakan momen yang sangat mengganggu dan bikin tidak nyaman setiap ibu hamil. Karena morning sickness, tidak sedikit Mom yang merasa lemas, lelah dan hanya bisa terdiam di tempat tidur.

Melansir dari laman parenting.com, morning sickness umumnya terjadi di awal kehamilan atau pada kehamilan trimester pertama. Para ahli mengungkapkan jika morning sickness biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Jika selama kehamilanmu mengalami morning sickness, yuk coba mengatasinya sendiri di rumah Sahabat Fimela. Bagaimana cara mengatasi masalah morning sickness ini? Berikut caranya.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Morning Sickness

  1. Pastikan untuk memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Miliki tidur berkualitas dan tidurlah di tempat yang memang membuatmu merasa sangat nyaman.
  2. Ketika bangun tidur, usahakan untuk mengonsimsi kue kering, biskuit atau keripik. Makanan ini akan membuatmu mengurangi risiko morning sickness. Mengonsumsi biskuit atau kue kering ini sendiri juga bisa dilakukan di malam hari saat dirimu terbangun.
  3. Hindari makanan yang masih panas. Makanan yang panas biasanya akan memiliki aroma yang cukup menyengat dan ini memperparah morning sicknessmu.
  4. Usahakan untuk mengonsumsi air putih cukup setiap harinya. Minum air putih akan mengurangi risiko mual hingga muntah selama kehamilan. Ini juga mencegah risiko dehidrasi.
  5. Selama kehamilan cobalah untuk menghindari makanan yang terlalu manis, asin, asam maupun pedas. Makanan dengan rasa terlalu kuat hanya akan membuatmu lebih mudah merasa mual.
  6. Saat makan, sebaiknya makanlah dengan porsi sedikit dan sering. Dibandingkan makan dengan porsi banyak lalu mual, makan dengan porsi sedikit akan lebih aman dan mencegah mual. Ini juga akan menutrisi tubuh serta kandungan dengan lebih baik.
  7. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang segar seperti buah dan sayur. Tapi ingat, hindari sayur dan buah dengan bau menyengat karena ini akan meningkatkan risiko mual.
  8. Selama hamil sebaiknya konsumsi makanan yang vitamin B cukup tinggi seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.
  9. Hindari asap rokok dan segala macam bau yang memicu mual serta muntah selama kehamilan.
  10. Miliki olahraga cukup selama hamil. Olahraga selama kehamilan yang bisa dilakukan cukup olahraga ringan saja seperti jalan pagi, yoga dan senam kehamilan.
  11. Konsumsilah produk jahe atau olahannya karena bau wangi jahe bisa mengurangi mual serta muntah selama kehamilan.

Sahabat Fimela, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness pada kehamilan. Oh iya, cara terpenting untuk mengatasi morning sickness selama kehamilan sendiri adalah jangan berpikir tentang morning sickness. Usahakan untuk mengalihkan perhatianmu pada aktivitas ringan dan menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Morning Sickness di Awal Kehamilan
Artikel Selanjutnya
Waspada, Ini Dampaknya Jika Air Ketuban Pecah Dini