Sukses

Parenting

Mengenal Tanda-tanda Luka Jahitan Bekas Operasi Caesar Sudah Sembuh

Fimela.com, Jakarta Operasi caesar merupakan operasi yang sering dilakukan dalam proses persalinan. Operasi ini umumnya dilakukan karena proses persalinan normal tidak cukup memungkinkan untuk dilakukan. Melansir dari laman babycenter.com, persalinan operasi caesar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih atau sembuh. Operasi caesar juga menyebabkan rasa sakit yang akan terasa lebih lama terlebih lagi pada bagian luka jahitan bekas operasi.

Ketika bekas jahitan tidak dirawat dengan baik, ini bisa menyebabkan infeksi. Perawatan luka jahitan caesar ini pada dasarnya tidak sebatas pada proses membersihkan luka dalam kehidupan sehari-hari saja Sahabat Fimela. Tetapi juga kita harus menjaga pola makan dengan baik hingga menghindari aktivitas yang cukup berat.

Umumnya, bekas jahitan operasi caesar akan sembuh setelah enam minggu perawatan. Bekas jahitan ini sendiri biasanya memiliki panjang sekitar 10 sampia 15 cm dengan lebar 0,3 cm. Ketika kita merawat dan membersihkan luka dengan baik, ini akan mempercepat proses penyembuhan.

Bagaimana Mengetahui Bekas Jahitan Caesar Sudah Sembuh?

Seiring dengan berjalannya waktu, bekas jahitan yang sudah sembuh akan menyusut dan mengering. Bekas jahitan yang sudah sembuh juga akan terlihat sudah menyatu dengan kulit, tidak berair, tidak terasa sakit dan tidak keluar nanah maupun darah.

Selama proses penyembuhan, tidak menutup kemungkinan Sahabat Fimela akan merasa gatal di sekitar jahitan. Ini adalah kondisi yang normal terjadi. Untuk mengurangi rasa gatal tersebut, sebaiknya jangan menggaruknya. Oleskan krim atau obat salep atas resep dokter. Dirimu juga bisa mengompres bekas jahitan operasi caesar yang gatal dengan es batu yang dibungkus handuk. Hindari mengompres bekas luka dengan air hangat karena ini dikhawatirkan akan memperparah luka.

Jika luka jahitan timbul dan berwarna cokelat, kemungkinan besar dirimu berpotensi mengalami masalah keloid. Keloid merupakan kelainan penyembuhan luka yang berupa pertumbuhan berlebihan dari jaringan parut, melebihi waktu normal proses penyembuhan luka dan melebihi batas luka. Keloid umumnya berwarna merah muda sampai cokelat tua. Jika mengalami hal ini, cobalah untuk konsultasi dengan dokter ahlinya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Persalinan dengan Operasi Caesar, Berapa Kali Boleh Dilakukan?
Artikel Selanjutnya
Cara Cepat untuk Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar