Sukses

Parenting

Mengenal Gangguan Bipolar pada Anak dan Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Umumnya gangguan bipolar pada anak akan diagnosis saat anak berusia di atas 6 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan gejala gangguan bipolar ini sudah bisa dilihat sejak usia anak sedini mungkin.

Mengenai gangguan bipolar, apa sih gangguan bipolar ini?

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang menyerang kondisi psikis anak. Biasanya, gangguan ini ditandai dengan perubahan sikap ekstrem pada anak, depresi dan perubahan suasana hati yang berlebihan. Melansir dari laman parents.com, gangguan bipolar di dunia medis disebut juga dengan manic depressive.

Gejala Gangguan Bipolar

Seperti sebelumnya, gejala paling umum yang bisa dilihat dari gangguan bipolar ini adalah perubahan suasana hati secara ekstrem. Gejala lain adalah anak mudah marah, agresif dan mudah tersinggung. Tidak sedikit anak dengan gangguan bipolar yang merasa dirinya paling hebat, harga dirinya sangat tinggi, tidak mampu berpikir secara realistis dan ia percaya jika ia bisa mekukan hal-hal di luar batas kemampuannya.

Anak dengan gangguan bipolar juga akan menunjukkan tanda bahwa ia bisa tidur dalam waktu berhari-hari atau sangat lama serta sebaliknya. Ia akan melakukan segala sesuatu secara berlebihan, sulit fokus, sulit mengontrol emosinya, kalau bicara ia akan terus menerus bicara dan begitu mudah menemukan topik lain. Melansir dari laman hellosehat.com, tidak sedikit anak dengan gangguan bipolar yang cenderung melakukan suatu hal yang tidak dibutuhkan secara berlebihan hingga melakukan aksi yang merugikan dirinya sendiri juga orang lain.

Pada anak-anak dan remaja, gejala bipolar bisa ditunjukkan dengan kondisi di mana anak sering sedih, tiba-tiba menangis, tidak antusias terhadap sesuatu, mengeluh sakit kepala dan perut berlebihan, cemas, merasa gagal, merasa kalah serta menyakiti diri sendiri.

Ketika mendapati buah hati menunjukkan gejala di atas, pastikan untuk segera mengonsultasikan ini dengan dokter atau ahlinya ya Mom, Semakin cepat diagnosisnya, semakin cepat penyembuhan atau penyelesaian masalahnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Berhenti Menganggap Seseorang Bipolar Hanya Karena Suasana Hatinya Berubah
Artikel Selanjutnya
Alasan Marshanda tak Malu Ungkap Dirinya Idap Bipolar Disorder