Sukses

Parenting

Orangtua Bertengkar di Depan Anak, Ini Dampak Negatifnya untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, berbeda pendapat dan bertengkar satu sama lain adalah hal yang wajar terjadi. Namun, saat berbeda pendapat dan bertengkar ini jangan sampai diketahui oleh buah hati ya Mom. Perbedaan pendapat dan pertengkaran yang terjadi pada orangtua tidak jarang akan membuat psikis anak tertekan. Ini juga akan membuat anak merasa sangat sedih bahkan trauma.

Melansir dari laman livestrong.com, orangtua yang bertengkar di depan anak bisa menimbulkan banyak dampak negatif ke anak. E. Mark Cummings, PhD di Universitas Notre Dame mengatakan jika pertengkaran orangtua bisa berdampak pada anak berapapun usianya. Baik masih kecil atau sudah dewasa, anak akan merasakan kesedihan mendalam.

Berikut beberapa dampak negatif orangtua bertengkar di depan anak.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Otak Anak Terganggu

Perkembangan Otak Anak Terganggu

Penelitian yang dilakukan Eamon McCrory, Ph,D dari University College London menyebutkan jika anak yang mengetahui orangtuanya bertengkar apalagi sering, ia akan mengalami gangguan perkembangan pada otaknya. Kesedihan dan stres berat yang dialami anak akibat pertengkaran orangtua akan membuatnya mengalami keterlambatan berpikir. Anak juga bisa mengalami hilang rasa percaya diri, rasa aman bahkan rasa nyaman,

Rasa Bersalah Berlebih

Anak yang beranjak dewasa akan merasakan apa yang dirasakan orangtua, Ia bahkan akan merasa bersalah atas apa yang terjadi pada orangtuanya. Terlebih lagi, ketika pertengkaran tersebut salah satu penyebabnya karena dia. Anak yang merasa bersalah berlebih akan menyalahkan dirinya sendiri dan tak mampu mengontrol emosinya dengan baik.

3 dari 4 halaman

Cemas Berlebih Hingga Depresi

Cemas Berlebih Hingga Depresi

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor C. Cybele Raver dari Universitas New York Steinhardt menemukan jika pertengkaran orangtua akan meningkatkan risiko cemas berlebih bahkan depresi pada anak. Pertengkaran ini juga berpengaruh besar terhadap neurobiologis, kognitif dan perilaku anak.

Itulah beberapa dampak negatif yang terjadi pada anak ketika orangtua bertengkar di depan anak. Selain dampak di atas, dampak lain yang memungkinan terjadi adalah anak rentan stres dan gampang sakit. Anak juga akan mengalami kesulitan bersosialisasi dengan teman maupun orang di sekitarnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk tidak pernah bertengkar di depan anak ya Mom. Kalau pun ada masalah dengan pasangan atau suami, pastikan untuk membicarakannya secara baik-baik. Selesaikan setiap masalah dengan kepala tenang dan tanpa adanya pertengkaran di antara kalian.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut:

Loading