Sukses

Parenting

Cara Tetap Bugar dan Sehat Menyusui Selama Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal menunggu hari. Bagimu yang menjalankannya, sejauh ini sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut Ramadan Sahabat Fimela. Untukmu yang sedang hamil atau menyusui, apakah Ramadan kali ini berencana untuk tetap berpuasa meski sedang hamil dan menyusui?

Puasa Ramadan pada dasarnya merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Namun, ada keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk membatalkan puasa. Bagi ibu hamil dan menyusui yang membatalkan puasa di bulan Ramadan karena khawatir akan membahayakan dirinya juga sang bayi jika tetap berpuasa, maka ia diperkenankan membayar fidyah dan mengganti puasa di hari lain.

Namun, bagi dirimu yang berencana tetap berpuasa selama hamil dan menyusui, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bugar dan sehat selama berpuasa. Cara ini juga akan membuat bayi tetap terpenuhi nutrisi serta gizinya dengan baik.

Tips Menyusui Sehat Saat Puasa

Tetap Makan Tiga Kali dalam Sehari

Walau sedang berpuasa, pastikan untuk tetap makan tiga kali dalam sehari. Makan dengan makanan kaya nutrisi serta gisi juga dengan porsi tepat saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Saat malam hari sebaiknya juga ngemil makanan sehat seperti salad sayur dan buah.

Minum Air Putih Cukup

Selama berpuasa dan menyusui, pastikan untuk minum air putih cukup. Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan asupan nutrisi terbaik buat tubuh. Pastikan untuk menutrisi tubuh dengan sayur dan buah cukup selama puasa. Dengan mengonsumsi sayur dan buah cukup, ini juga akan membantu tubuh memproduksi ASI secara lebih baik dan banyak.

Miliki Istirahat Cukup

Usahakan untuk memiliki istirahat cukup selama berpuasa. Memiliki aktivitas terlalu padat dan kurang istirahat bisa memengaruhi produksi ASI apalagi jika dibarengi dengan aktivitas puasa. Selain itu, penting juga bagi ibu menyusui yang berpuasa menghindari stres. Stres hanya akan membuat produksi ASI terhambat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap bugar dan sehat selama berpuasa sambil menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Mom berencana berpuasa sambil menyusui, pastikan untuk mengonsultasikan hal ini dulu dengan dokter atau bidah ahlinya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading