Sukses

Parenting

Mengenal Penyebab Tangan dan Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Saat hamil seseorang harus menjaga kehamilannya dengan sebaik mungkin. Para ahli menyarankan agar selama kehamilan ibu hamil memiliki pola makan sehat, memiliki istirahat cukup dan memiliki olahraga cukup. Ketika kehamilan tidak dijaga dengan baik, ini sangat memungkinkan tubuh ibu hamil maupun janin di kandungan tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sayangnya, meski telah menjaga kesehatan dengan baik, tidak sedikit ibu hamil yang tetap mengalami masalah dalam kehamilannya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah tangan dan kaki bengkak.

Mengenai tangan dan kaki bengkak, apa kira-kira penyebabnya? Melansir dari laman tommys.org, tangan dan kaki bengkak umumnya terjadi pada kehamilan akhir trimester kedua dan awal trimester ketiga. Ada banyak hal yang menyebabkan kondisi ini.

2 dari 3 halaman

Tangan dan Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Para ahli mengungkapkan jika tangan dan kaki bengkak terjadi karena tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Melansir dari laman liputan6.com, rahim yang bertambah besar tidak jarang akan menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah yang hendak balik ke jantung.

Penyebab lain dari bengkaknya tangan dan kaki selama kehamilan adalah meningkatnya cairan dalam tubuh baik volume darah maupun cairan antar sel. Pembengkakan sendiri dianggap sebagai hal yang normal jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Dengan istirahat cukup, pembengkakan bisa pulih dengan sendirinya. Namun, jika pembengkakan terjadi secara tiba-tiba dan berlebihan, segera cek kesehatan ke dokter atau bidan ahlinya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami Tanpa Test Pack
Artikel Selanjutnya
Cara Cepat untuk Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar