Sukses

Parenting

Buah Hati Masih Balita, Perlukah Dilatih untuk Berpuasa?

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Bagaimana nih Sahabat Fimela, sudah memersiapkan apa saja untuk menyambut bulan Ramadan? Bagi dirimu yang menjalankannya, sudah siapkah untuk berpuasa dan melatih buah hati di rumah untuk juga berpuasa di tahun ini?

Melansir dari laman hellosehat.com, meski anak-anak tidak diwajibkan berpuasa karena memang belum cukup usia untuk berpuasa, tidak ada salahnya jika Mom mengajarkan anak berpuasa sejak usianya sedini mungkin. Selama anak memiliki kesehatan yang baik, mengajarkan anak berpuasa sejak usianya sedini mungkin boleh dilakukan. Mengajarkan anak berpuasa ini sendiri tidak akan membuat tumbuh kembang anak terganggu selama kecukupan nutrisi dan gizinya saat sahur maupun berbuka tercukupi dengan baik.

2 dari 3 halaman

Melatih Anak Berpuasa

Menurut para ahli, melatih anak berpuasa idealnya dilakukan saat anak berusia 10 tahun. Tapi, anak yang masih balita juga bisa dilatih berpuasa. Hanya saja, melatih anak balita berpuasa ini tidak harus melatih anak berpuasa selama sehari penuh. Anak yang masih balita cukup dilatih berpuasa seperempat hari, sepertiga hari atau setengah hati hingga sekuatnya.

Cara melatih anak yang masih balita berpuasa bisa dilakukan dengan meminta anak sarapan lebih lambat dari biasanya. Jika biasanya anak sarapan jam 7 pagi, Mom bisa meminta anak untuk menunda sarapan hingga jam 9 atau jam 10. Saat Mom dan keluarga lain bangun untuk sahur, ajaklah anak untuk sahur juga. Aktivitas ini bisa melatih anak mengenal apa itu puasa dan bagaimana menjalankan puasa sejak usianya sedini mungkin.

Melatih anak berpuasa ini awalnya mungkin akan cukup melelahkan apalagi saat anak mengatakan ia lemas dan terus mengantuk. Namun jangan khawatir Mom, seiring dengan berjalannya waktu, ketahanan anak untuk berpuasa akan lebih baik. Di akhir Ramadan, biasanya anak bisa menahan lapar dan haus dalam waktu yang lebih lama dari sebelum-sebelumnya.

Jadi gimana Mom, apakah buah hati kira-kira sudah siap berlatih menjalankan ibadah puasa? Bagi dirimu yang menjalankannya, selamat menyambut bulan Ramadan atau puasa ya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Takjil Paling Populer di Bulan Ramadan, Mana Favoritmu?
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Hilang Bau Mulut Saat Berpuasa Ramadan