Sukses

Parenting

5 Tips Membuat Anak Mencintai Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa sebulan penuh bagi anak-anak mungkin terasa sangat berat pada awalnya. Tapi kita sebagai orangtua bisa membantu mereka untuk mencintai bulan Ramadan sejak dini. Ada banyak berkah dan keistimewaan yang bulan Ramadan yang bisa diperkenalkan pada anak untuk membuat mereka mencintai bulan suci ini.

Nilai-nilai positif dan spiritual bulan Ramadan bisa kita perkenalkan pada anak dengan berbagai cara mudah dan menyenangkan. Rutinitas dan aktivitas selama bulan Ramadan bisa dibuat seru dan menarik agar anak-anak semangat mengisi bulan Ramadan dengan berbagai hal positif.

1. Pasang Dekorasi Menarik di Kamar

Memasang dekorasi atau pernak-pernik bisa jadi cara seru untuk menyemarakkan bulan Ramadan. Kita bisa mengajak anak-anak untuk membuat dekorasi atau hiasan yang dapat dipasang di dinding dengan tema Ramadan. Pakai kertas warna-warni dan spidol aneka warna kita sudah bisa membuat suasana jadi terasa lebih semarak selama bulan puasa. Bisa juga pasang kata-kata penyemangat agar kuat berpuasa dan ibadah harian untuk mendapat banyak pahala.

 

2. Buat Jadwal Kegiatan Berbagi kepada Sesama

Mungkin pada hari yang disepakati bersama bisa mencoba menyiapkan takjil atau makanan berbuka untuk dibagikan ke orang-orang di sekitar rumah. Atau bisa menjadwalkan kegiatan berbuka bersama dan salat tarawih di panti asuhan. Yang paling sederhana bisa coba menyisihkan sebagian uang saku atau uang jajan untuk ditabung lalu kemudian disedekahkan. Bulan Ramadan adalah momen yang tepat untuk belajar berbagi dan empati.

3. Memasak atau Membuat Kue Bersama

Quality time dengan keluarga bisa ditingkatkan dengan cara sederhana, seperti memasak bersama untuk buka puasa di rumah. Kegiatan membuat masakan sederhana bisa meningkatkan kedekatan dan keakraban dengan semua anggota keluarga. Membuat kue kering untuk lebaran juga bisa jadi cara menyenangkan untuk menghabiskan hari-hari selama bulan Ramadan. Momen sederhana membahagiakan yang dilakukan selama bulan Ramadan bisa jadi kenangan yang tak terlupakan pada anak.

4. Beribadah Bersama

Anak adalah peniru ulung. Bila kita ingin anak-anak mencintai bulan Ramadan dan giat beribadah, maka kita juga perlu mencontohkan langsung. Bisa dimulai dengan kegiatan mengaji bersama, salat berjamaah, dan pergi ke masjid bersama. Beri arahan soal pahala yang akan kita dapat dari setiap ibadah yang kita lakukan. Jelaskan bahwa setiap ibadah kita ada yang melihat dan mencatat. Setiap ibadah yang kita lakukan, nantinya kebaikannya juga akan kembali pada kita.

5. Bacakan Kisah-Kisah Teladan

Luangkan lebih banyak waktu untuk membacakan kisah-kisah nabi dan para sahabat. Ambil dan petik pesan moral dan teladannya. Terapkan pada kehidupan sehari-hari. Buka komunikasi dan percakapan dengan anak soal berbagai hal baik yang bisa dilakukan sebagai bekalnya untuk lebih memahami agamanya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak mencintai bulan Ramadan. Semoga kita sekeluarga bisa mendapat berkah di bulan yang suci ini, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading