Sukses

Parenting

Idealnya Usia Berapa Sebaiknya Anak Diajarkan Mendirikan Salat?

Fimela.com, Jakarta Salat menjadi kewajiban bagi setiap muslim baik itu perempuan maupun pria. Salat merupakan rukun Islam yang ke dua. Salat sendiri menjadi salah satu ibadah yang tak boleh ditinggalkan dan tak ada toleransi bagi mereka yang meninggalkannya. Dalam kondisi apapun, seseorang wajib mengerjakan salat ketika telah tiba waktunya salat lima waktu.

Seseorang yang telah memenuhi syarat wajib salat, ia tak boleh meninggalkannya. Mengingat begitu pentingnya ibadah salat, penting bagi setiap orang tua muslim mengajarkan dan membiaskan anak salat sejak usianya sedini mungkin.

Lantas, pada usia berapa idealnya anak diajarkan salat? Melansir dari laman islami.co, sejak anak usianya sedini mungkin, ia penting diajarkan salat. Sejak ia masih balita, orangtua perlu mengenalkan pentingnya ibadah salat bagi pemuluk agama Islam.

2 dari 3 halaman

Mengajarkan Anak Salat

Mengajarkan anak-anak salat sejak usianya sedini mungkin dilakukan agar anak terbiasa salat dan memahami kewajibannya saat ia dewasa kelak. Meski mengenalkan salat sebaiknya dilakukan sejak usia anak sedini mungkin, usia ideal memerintahkan anak salat adalah saat usianya mencapai 7 tahun.

Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, "Perintahkan anak-anak kalian melakukan salat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka." (HR. Abu Daud).

Meski di dalam hadis dijelaskan agar orangtua memukul anak yang tidak mau salat, pukulan yang dimaksud bukan pukulan yang bisa memberi mudharat ke anak. Saat memerintahkan anak salat, orangtua bisa memberi sangsi yang membuat anak jera karena meninggalkan salat. Tapi ingat, pastikan bahwa sangsi ini tidak boleh berlebihan apalagi sampai membuat anak tersakiti hati maupun fisiknya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Syarat Tobat Kita Diterima Allah SWT
Artikel Selanjutnya
Bingung di Antara Dua Pilihan? Lantunkan Doa Ini Sahabat Fimela