Sukses

Parenting

4 Tips Menyiapkan MPASI untuk Perjalanan Mudik yang Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Untuk melakukan perjalanan mudik jarak jauh bersama si kecil memang butuh persiapan khusus. Apalagi bila si kecil masih membutuhkan MPASI agar tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya, maka kita memang harus menyiapkan bekal ekstra. Mungkin memang agak ribet, tapi demi kebaikan anak kita memang perlu menyiapkan bekal tambahan khusus untuk mudik.

Ada empat hal penting yang perlu kita perhatikan dalam menyiapkan MPASI untuk anak selama mudik. Mulai dari mempersiapkan perlengkapannya hingga camilan yang juga perlu dibawa. Selengkapnya, simak tipsnya di sini.

1. Siapkan Alat Makan dan Peralatan Multifungsi yang Mudah Dibawa

Sendok, garpu, piring dan mangkuk yang ada tutupnya wajib dibawa. Tempat minum bayi juga jangan lupa untuk dibawa. Peralatan multifungsi seperti hand blender atau baby food processor bila memungkinkan juga bisa ikut dibawa bila bisa menyempatkan waktu untuk mencampur aneka bahan padat untuk dihancurkan sebagai makanan yang bisa langsung dinikmati si kecil dalam perjalanan. Jangan lupa slabber perlu dibawa agar anak tidak belepotan saat makan.

 

2 dari 4 halaman

2. Siapkan Tas Khusus untuk Membawa MPASI

Aneka perlengkapan MPASI perlu dikemas dalam tas khusus dan terpisah dari barang-barang lainnya. Bila dicampurkan dengan barang-barang lainnya, dikhawatirkan nantinya akan tumpah dan malah bikin kotor. Setidaknya tas yang dipilih bisa menjamin makanan yang dibawa tetap higienis dan tas tidak gampang bocor. Akan lebih ideal lagi bila kita menyiapkan cooler box atau cooler bag untuk menyimpan MPASI si kecil.

3 dari 4 halaman

3. Siapkan Camilan untuk Dimakan selama Perjalanan

Agar si kecil tidak rewel, kita bisa menyiapkan camilan untuk dimakan selama perjalanan. Camilan seperti buah aneka buah potong yang segar, roti, biskuit, keju, dan kue kering bisa disiapkan sebelum berangkat. Nugget khusus MPASI, rollade, dan ragam menu homemade yang lebih praktis juga bisa dibawa selama mudik. Sehingga kita bisa tenang dan memastikan anak akan selalu dalam kondisi kenyang. Bila anak dalam kondisi lapar, dia bisa rewel dan pastinya tidak nyaman selama di perjalanan.

4. Siapkan Air Panas dalam Termos

Untuk jaga-jaga, perlu juga membawa air panas dalam termos bila nanti dibutuhkan untuk menikmati kaldu beku atau pure sayuran beku yang dibawa sebelumnya dari rumah. Atau ketika berhenti berisitirahat tapi masih jauh dari restoran atau tempat makan, kita bisa menggunakan air panas tersebut untuk membuat bubur si kecil.

Menyiapkan MPASI untuk si kecil selama perjalanan mudik memang akan sedikit merepotkan. Tapi dengan persiapan yang baik, perjalanan pun bisa lebih nyaman. Semoga infonya bermanfaat, ya dan selamat mudik!

4 dari 4 halaman

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Puasa 30 Ramadan 2019 untuk DKI Jakarta, Surabaya dan Medan
Artikel Selanjutnya
Tak Diet, Tatjana Saphira Siap Lahap Hidangan Favorit saat Lebaran