Sukses

Parenting

Agar Tidur Nyenyak saat Hamil Besar, Berikut 4 Tipsnya

Fimela.com, Jakarta Ketika sudah hamil besar, usaha mendapatkan tidur yang nyenyak menjadi tantangan sendiri. Perut yang membesar kadang membuat kita merasa sesak saat tidur telentang. Apalagi jika setiap beberapa jam sekali terbangun, tidur pun tidak bisa benar-benar nyenyak.

Padahal penting sekali bagi ibu hamil untuk mendapat tidur nyenyak setiap malamnya. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa ibu hamil yang kurang tidur akan meningkatkan risiko mengalami persalinan berbahaya seperti kelahiran prematur, menghambat suplai ke plasenta, depresi hingga melahirkan bayi yang tak sehat. Wah, cukup berisiko juga ya bila ibu tak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak di trimester ketiga ini.

Tapi tak perlu terlalu cemas, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa tidur nyenyak saat hamil besar. Berikut tipsnya seperti yang dirangkum dari New Parent.

1. Olahraga Ringan 30 Menit per Hari

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil yang olahraga 30 menit per hari akan membuat kualitas tidurnya lebih baik. Dengan tetap aktif menggerakkan tubuh untuk olahraga rutin setiap harinya, kualitas tidur yang lebih baik bisa didapatkan. Coba luangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk melakukan gerak fisik, seperti jalan kaki keliling kompleks.

2. Tidur dengan Posisi Menyamping

Tidur telentang kurang direkomendasikan bagi ibu yang hamil besar. Dengan perut yang makin besar, tidur telentang bisa menyebabkan sesak di dada. Solusinya, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping. Sangga kaki dan punggung kita dengan guling atau bantal yang empuk untuk menambah kenyamanan.

 

 

3. Menjaga Perut dalam Keadaan Cukup Kenyang  

Perut kosong atau lapar bisa membuat kita susah tidur. Cobalah untuk menjaga perut selalu dalam keadaan yang cukup kenyang. Tapi bukan berarti sebelum tidur harus makan dalam porsi besar, ya. Beri jeda antara waktu makan malam dan tidur malam. Selingi dengan camilan sehat bila perlu.

4. Buat Suasana Sejuk dan Nyaman

Kenakan pakaian yang sejuk dan longgar untuk tidur. Jika bra yang dikenakan membuat kenyamanan tidur berkurang, bisa dilepas saja. Tempat tidur perlu dibuat senyaman mungkin. Pastikan juga bisa mendapat sirkulasi udara yang baik saat tidur di malam hari.

Semoga bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari, ya. Jaga kehamilan di trimester ketiga sebaik mungkin agar proses persalinan bisa berjalan lancar.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kekebalan Tubuh Ibu Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Dihindari Ibu Hamil saat Olahraga