Sukses

Parenting

Bukan Sakit, Ini Alasan Kenapa Bayi Baru Lahir Sering Bersin

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati lahir ke dunia tentu kebahagiaan juga kebanggaan tersendiri buat tiap orangtua. Ada rasa bahagia, cemas dan khawatir di hati orangtua saat merawata bayinya yang baru lahir. Apalagi jika bayi tersebut merupakan anak pertama untuk orangtua. Bersin sedikit saja sudah membuat orangtua khawatir apakah bayi sakit atau bagaimana.

Melansir dari laman hellosehat.com, bayi yang bersin adalah hal yang wajar terjadi. Bahkan ketika frekuensi bersin dari bayi ini terbilang sering. Bersin yang dialami bayi adalah cara tubuh bayi untuk membersihkan saluran hidung dan pernafasannya. Bayi yang sering bersin juga bertujuan untuk mencegah risiko hidung tersumbat.

 

Penyebab Bayi Bersin

Para ahli mengungkapkan jika ASI, lendir dan debu menjadi penyebab paling umum yang menyumbat saluran pernafasan bayi. Untuk mengatasi masalah penyumbatan ini, bersin adalah cara alami yang paling mudah untuk dilakukan.

Glade Curtis, M.D, seorang dokter kandungan di Amerika Serikat menyebutkan jika bersin yang dialami bayi bermanfaat membuka kembali saluran hidung bayi yang tersumbat oleh ASI atau hal lainnya. Bersin juga sebagai cara bayi agar saluran pernafasannya kembali lega setelah menyusui. Umumnya, bersin pada bayi bukan suatu tanda penyakit.

Bersin itu akan menunjukkan sebagai tanda penyakit jika disertai dengan suhu tubuh panas, bayi kesulitan bernafas, bayi tidak mau minum ASI, bayi sangat rewel, bayi mengalami batuk dan tubuh bayi lemas. Bersin yang merupakan tanda penyakit biasanya membuat bayi merasa sangat rewel dan tidak nyaman atau kesakitan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tak perlu khawatir jika bayi sering bersin ya Mom. Kalau memang ada yang dirasa tidak beres, segera periksakan kondisi kesehatan bayi ke bidan atau dokter ahlinya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa ke Luar Rumah Pertama Kali?
Artikel Selanjutnya
Pendidikan Melahirkan Generasi Penerus Masa Depan yang Bahagia